Tag

,

Akhir-akhir ini saya jadi lebih memperhatikan orang-orang yang membeli bensin di SPBU. Ternyata lebih banyak orang yang membeli bensin premium ketimbang pertamax. Yang membeli bensin premium termasuk mobil-mobil mewah lho. Lantas saya jadi berpikir-pikir. Apakah saya yang bodoh karena tetap membeli pertamax? Apakah sebaiknya saya pindah ke premium saja?

Alasan orang tentang penggunaan timbal dan sejenisnya sebetulnya bagus, tetapi bukankah kita bertahun-tahun telah menggunakan bensin premium dan tidak apa-apa? Bahkan dahulu pun kualitas bensin mungkin tidak sebagus sekarang dan kendaraan oke-oke saja. Apakah sekarang memang desain mesin kendaraan lebih sensitif? Ini bukannya memburuk? Semestinya kan mesin harus didesain lebih tahan bantingan.

Oktan yang tinggi. Untuk apa oktan yang lebih tinggi? Mesin yang lebih bersih katanya. Seberapa bersih sih perbedaannya? (Asumsinya dibelinya dari SPBU yang bagus bukan yang nakal.) Kalau premium diberitakan menyebabkan kerusakan fuel pump, dan seterusnya, mengapa premium masih boleh dijual secara resmi?

Perlu diingat bahwa saya – dan sebagian besar orang – menggunakan mobil untuk keperluan dalam kota. Ataupun kalau ke luar kota tidak untuk balapan (ngebut). Rasanya premium oke-oke saja tuh.

Permasalahan yang dihadapi adalah harga pertamax itu DUA KALI LEBIH MAHAL (atau bahkan lebih lagi) daripada harga premium. Perbedaan harga ini cukup lumayan kalau dihitung sebulan.

Jadi? Kembali ke premium kita?