Industri TV Yang Tidak Kreatif

Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah wawancara. Kalau tidak salah yang diwawancara adalah will.i.am. Topik yang dibahas adalah tentang kreativitas. Salah satu yang dijadikan contoh tidak kreatif adalah TV.

Sejak dari jaman dahulu sampai sekarang tidak ada perubahaan isi / acara TV. Setelah saya pikir-pikir, benar juga. Acara berita di TV dari jaman dahulu (saya ingatnya tahun 70-an) sampai sekarang masih tetap sama. Inovasi yang terjadi di dunia TV hanya MTV. Setelah itu apa lagi?

Kalau para pelaku yang berada di industri TV adalah kreatif, mereka tentunya yang meghasilkan Facebook. Contoh lain yang juga seru adalah masalah popularitas. Lihatlah fenomena Psy dengan Gangnam Style-nya. Sudah lebih dari 700 juta view! Bayangkan. Acara TV mana yang memiliki pepularitas seperti itu?

Hmm… menarik, bukan?

7 Comments

  1. Hi Pak Budi,

    Menurut saya, utk membuat kreativitas di dunia TV memerlukan dana yang besar, dan ini tentunya menjadi penghalang utama. Dibandingkan dengan kreativitas di dunia internet. 🙂

    Salam,

    Hotelpadi.com (hotel booking site)

  2. Yang ada skrg acara tv saling mengcopy dan mereka mengatakan berdasarkan rating itu yg disukai pemirsa. Padahal buat pemirsa mah gak ada rotan akar pun jadi.

  3. menurut saya tidak begitu juga tidak kreatifnya.. Apalagi di Indonesia, selepas era reformasi semua bebas memberitakan, makanya muncullah acara kreatif macam mata najwa, ILC, atau semacamnya.. tergantung pemirsa menilai kreatif atau tidak.. Jaman dulu kisah tutur tinular selalu ditunggu di layar kaca, sekarang serial semacamnya ditinggalkan penonton..

  4. Bener tuh, inilah Realita Indonesia,,, acara tv sekarang kebanyakan dipenuhi sinetron,, dan sinetron,, sehingga yang ada ya itu itu saja -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s