Alhamdulillah Ada Internet

Saya betul-betul ingin bersyukur karena ada internet. Serius. (Ciyus? wk wk wk.) Dari internet saya bisa belajar banyak hal. Sebagai contoh, baru saja saya menikmati presentasi yang ada di TED. Nontonnya di YouTube.

TED (Technology, Entertainment, Design) menampilkan banyak pembicara yang bagus-bagus, inspiratif, mencerahkan, dan … did I say bagus-bagus? Silahkan lihat sendiri. Saya banyak belajar dari sana. Barusan saya melihat presentasinya Tony Robbins. Sangat inspiratif.

Dahulu, ketika belum ada internet, untuk mempelajari sesuatu maka saya harus membaca tulisan dalam bentuk buku (atau majalah). Bukunya sendiri adanya di luar negeri. Harganya mahal dan kalau dipesan sampainya lama. Belum lagi ada risiko buku hilang di jalan. Untuk belajar satu hal mungkin bisa membutuhkan waktu bulanan dan mahal.

Sekarang? Saya tinggal dengarkan ceritanya di internet. Maka saya menjadi lebih pandai dengan lebih cepat dan lebih murah. Sekarang tidak ada alasan bagi saya untuk tidak belajar. Tinggal mau atau tidaknya.

Saya sekarang membayangkan saudara-saudara kita yang masih belum memiliki akses internet. Ah, mereka membutuhkan biaya yang lebih besar untuk belajar dan lebih lama untuk belajar. Memang akses internet sudah menjadi hak asasi manusia.

Sementara itu saya hanya dapat berkata, “Alhamdulillah”.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

7 responses to “Alhamdulillah Ada Internet

Tinggalkan Balasan

