Tag

, , ,

Belakangan ini saya melihat ada banyak anak-anak muda yang mengembangkan berbagai program aplikasi. Sayangnya saya melihat ada banyak yang produknya adalah produk ikut-ikutan. Misalnya ada yang buat jejaring sosial mirip facebook, twitter, klout, dan sejenisnya. Meskipun produk yang dibuatnya bagus, saya tidak melihat nilai tambah dari karyanya ini. Mungkin kita bisa berdalih bahwa ini hanya untuk menunjukkan bahwa orang Indonesia bisa bikin juga. Tapi hanya sebatas itu saja.

Mungkin mereka tergiur ingin sukses seperti produk yang diikutinya?

Menurut saya ada banyak sekali masalah lain yang membutuhkan pemikiran kita. Misalnya, masalah pengelolaan sampah, lalu lintas, kesehatan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Masih ada peran teknologi informasi di sana. Memang mungkin masalah ini tidak terlalu keren untuk dibahasa, tetapi mereka lebih memiliki makna.

Di kepala saya saja sudah ada beberapa ide yang tidak dapat saya implementasikan karena saya tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Saya yakin orang lain pun memiliki banyak ide yang lebih kreatif. Maka, hindari membuat produk ikut-ikutan. Oke?