Tag

,

Saya kira brainstorming itu sebuah hal yang lazim dilakukan. Ternyata banyak yang tidak terbiasa – dan bahkan tidak tahu – akan brainstorming. Akibatnya proses brainstorming tidak terlalu efektif hasilnya atau bahkan tidak memberikan hasil sama sekali.

Sebagai contoh, beberapa kali saya menghadapi situasi di mana kita harus memilih sebuah nama untuk produk/kegiatan baru yang akan kita kembangkan (dan ini juga saya coba di kelas).  Produk ini membutuhkan nama (atau code name). Nama apa yang cocok? Maka kita melakukan brainstorming. Orang-orang yang hadir diminta untuk melontarkan ide nama. Kebanyakan yang terjadi … diam 🙂  Bahkan untuk sekedar mencari nama saja belum sanggup. Apalagi untuk mencari nama yang keren.

Saya senang menggunakan proses brainstorming ini untuk mendapatkan ide-ide. Dia juga dapat digunakan untuk melatih kreatifitas. Sayangnya di sini (di Indonesia, maksudnya) seringkali orang-orang terdiam. Entah tidak punya kreatifitas, atau malu, atau malas, atau apa? (Membuat daftar / list ini juga dapat dijadikan percobaan brainstorming. he he he.) Akibatnya saya yang harus putar otak lebih kencang lagi. Pusing …