Brainstorming …

Saya kira brainstorming itu sebuah hal yang lazim dilakukan. Ternyata banyak yang tidak terbiasa – dan bahkan tidak tahu – akan brainstorming. Akibatnya proses brainstorming tidak terlalu efektif hasilnya atau bahkan tidak memberikan hasil sama sekali.

Sebagai contoh, beberapa kali saya menghadapi situasi di mana kita harus memilih sebuah nama untuk produk/kegiatan baru yang akan kita kembangkan (dan ini juga saya coba di kelas).  Produk ini membutuhkan nama (atau code name). Nama apa yang cocok? Maka kita melakukan brainstorming. Orang-orang yang hadir diminta untuk melontarkan ide nama. Kebanyakan yang terjadi … diam :)  Bahkan untuk sekedar mencari nama saja belum sanggup. Apalagi untuk mencari nama yang keren.

Saya senang menggunakan proses brainstorming ini untuk mendapatkan ide-ide. Dia juga dapat digunakan untuk melatih kreatifitas. Sayangnya di sini (di Indonesia, maksudnya) seringkali orang-orang terdiam. Entah tidak punya kreatifitas, atau malu, atau malas, atau apa? (Membuat daftar / list ini juga dapat dijadikan percobaan brainstorming. he he he.) Akibatnya saya yang harus putar otak lebih kencang lagi. Pusing …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

4 responses to “Brainstorming …

  • Hotelpadi

    Hi Pak Budi,

    The problem is we weren’t trained to speak out loud in public. Hehe..unlike western education, remain silent is the safest bet.

    Salam,

    Hotelpadi.com (last minute hotel sale)

  • pebbie

    Ada lagi kasus lain Pak, judulnya brainstorming tapi tiap ada ide muncul langsung dievaluasi dan dikritik. mungkin salah paham seperti ini (kurang paham metodologi brainstorming) yang menyebabkan ketakutan untuk mengeluarkan suara ketika diadakan sesi ‘brainstorming’.

  • fisto

    orang indonesia masih malu utk speak up out loud. apalagi kalo di depan orang banyak. mikirnya dipendem sendiri….hehehe

  • Ayu R. Widati

    “brainstorming”
    Tiap orang pasti pernah melakukannya cuman bagi orang awam kata itu terlalu asing jadi ketika kita bilang “ayolah kita brainstorm ide-ide buwat pensi malam tahun baru” misalnya, mereka cenderung diam. yasudah, berarti perlu ditambah penjelasan lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: