Kelabunya Hari

Hari ini cuaca betul-betul tidak bersahabat. Pagi hari memang masih belum diketahui pasti apa yang terjadi siang hari. Sore, sudah diramalkan Bandung akan hujan. Seperti hari-hari sebelumnya, dan sebelumnya, dan sebelumnya. Bahkan katanya Bogor sudah kalah jumlah curah hujannya tahun ini.

Foto1435 sky 1000 bw

[Cloudy. Dipotret pada pagi hari.]

Siang hari cuaca makin memburuk. Saya bergegas ke masjid sebelum hujan. Dan betul saja. Di tengah-tengah khutbah Jum’at, hujan turun dengan sangat deras. Ketika Jum’atan sudah selesaipun hujan masih deras. Sebagian besar hadirin tetap tinggal di dalam masjid meskipun  30 menit sudah lewat selepas shalat Jum’at. Saya tidak tahu apa yang terjadi di bagian luar masjid, di mana biasanya banyak jamaah yang Jum’atan di sana juga. Apakah mereka basah kuyup? Tak berani saya membayangkan.

Setelah menunggu terlalu lama, akhirnya saya putuskan untuk menembus hujan saja. Toh saya membawa jaket dan topi. Oh ya, masih ada sajadah juga sebagai tudung tambahan. Menerjang hujan besar, saya kembali ke kampus. Sampai di ruangan kantor, jaket dan topi basah. Ampun. Ini terpaksa saya lakukan meskipun kondisi badan saya belum fit betul. Kemarin suara saya masih hilang gara-gara batuk. Mudah-mudahan kehujanan ini tidak memperburuk keadaan. Terpaksa menembus hujan karena saya harus makan dan mempersiapkan presentasi.

Saya mendengar dari beberapa rekan bahwa Bandung macet berat. Lah biasanya sore hari sudah mulai macet, ditambah sekarang dengan hujan lebat begini. Saya yakin ada banyak jalan tergenang yang membuat macet. Ada foto beredar di internet tentang genangan air yang tinggi di dekat Gedung Sate. Entah ini betulan atau rekayasa saya tidak tahu, tetapi melihat hujan yang lebat dan lama ini saya percaya itu bisa terjadi. Kalau pulang sekarang pun pastinya akan terjebak macet.

“Untungnya” saya masih harus memberikan presentasi sehingga ketika saya pulang setelah Maghrib, sebagian jalan sudah tidak macet lagi. Tinggal macet di beberapa titik saja – di dekat Pusdai, misalnya. Lepas itu jalan cukup lancar.

Oh ya, ini masih ada sisa-sisa hujan … Batuk pun masih menemani … Duh ..

21/12/2012 – 11:00 PM

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

7 responses to “Kelabunya Hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: