Tag

, ,

Salah satu hal yang tidak saya sukai sebagai dosen adalah bagian menilai. Ini adalah suatu pekerjaan yang tidak menyenangkan tetapi harus dilakukan.

Umumnya dosen ingin meluluskan semua mahasiswanya, sayangnya kadang mahasiswanya yang justru mempersulit hal ini. Misalnya, mahasiswa gagal ujian. Kadang gagalnya juga spektakuler. Bagaimana dosen dapat meluluskan? Alasannya apa?ย  Dosen harus dapat memastikan bahwa mahasiswa paham dengan apa yang diajarkan dan memenuhi tujuan dari kuliah tersebut. Itulah sebabnya perhatikan tujuan silabus dari kuliah. Di sana ada inti yang akan diujikan. Sayangnya mahasiswa tidak peduli.

Hal kedua adalah menilai dan melihat sebaran nilai. Tidak saja saya harus membuat daftar yang lulus (dan yang tidak), tetapi saya harus mengetahui sejauh mana mahasiswa memahami materi. Yang bagus diberi nilai A, sisanya menyesuaikan. Yang ini juga tidak mudah karena tidak ada panduan yang baku. Saya sih inginnya semua mendapat nilai maksimal (A), tetapi lagi-lagi kadang-kadang hal ini tidak memungkinkan.

Nah sekarang saya sedang dalam proses menilai. Hadoh. Derita dosen tiada akhir.