Rontok …

Saya baru sadar implikasi atas bubarnya sebuah kelompok usaha yang tadinya banyak memberikan layanan blog gratisan di Indonesia. Tulisan banyak yang hilang tanpa jejak karena tidak sempat di-backup dahulu. (Jadi berpikir. Apakah sebaiknya punya beberapa – setidaknya lebih dari satu – blog untuk tulisan yang sama? Sekedar jaga-jaga kalau rontok juga.)

Sebelumnya  layanan multiply.com menutup bagian dari jurnalnya (blognya). Padahal tadinya saya kira ini yang menjadi daya tarik mereka. Rupanya bukan itu. Selain itu saya juga masih mempunya blog di beberapa tempat, yang mana sekarang sudah tinggal namanya saja. Sedih juga.

Tadi saya membaca ulang tulisan saya tentang perbandingan beberapa penyedia jasa blog. Sebagian besar layanan yang saya ulas tersebut sudah mati (atau menjadi zombie). Baru nyadar betapa cepatnya perubahan di internet.

Lantas saya jadi khawatir, sampai berapa lama wordpress.com dapat memberikan layanan ini? Hadoh.

Iklan

15 pemikiran pada “Rontok …

  1. Iya dunia IT terutama internet adalah dunia yang sangat dinamis.. Jika suatu web kehilangan kreativitas, maka akan dgn cepat menghilang dr peredaran.. Contoh, myspace, yahoo, blackberry etc..

    Bahkan seingat saya, dulu friendster adalah jejaring social pertama yang sangat popular.. Banyak teman2x mengunakan friendster utk mendapatkan jodoh.. Tp mereka kehilangan kreativitas, dan dalam bbrp tahun new start-up facebook mengalahkan mereka.. Skrg mungkin friendster hanya tinggal kenangan..

    Salam.

    Hotelpadi.com (hotel dan tiket pesawat murah)

  2. kalau ngeblog udah dapat nikmatnya mending beralih ke self hosting.
    itupun jangan yg gratisan, yg berbayar memang lebih baik.
    Pas bayar tagihan emang lumayan, cm kalo diitung tahunan jg gak mahal.
    *ngernyit

  3. kalau saya pakai ifttt.com (if this then that), jadi saat posting di blog utama di blogspot, di copy juga oleh ifttt ke wordpress dan tumblr, buat jaga2 🙂

  4. menarik nih…tentang data berupa karya tulis yang hilang ini mengingatkan saya tahun 2005 dimana geocities.yahoo.com adalah penyedia gratis web berbasis html….mudah dan gratis dengan fitur flash skrip streaming dsbnya mahasiswa belajar dari dasar…. karena profesi saya dosen jadi sudah sekitar 400 alamat web mahasiswa dlam kurun 2005 – 26 oktober 2009 lenyap walau katanya ada siitus penyedia jasa yg sudah mengarsipkan … semoga tidak terjadi lagi atau minimal ada pemberitahuan dan situs jasa pengganti sementara ….salam kenal juga http://gjb3111andi.wordpress.com/

  5. Tenang pak… paling nanti spt multiply, bang ma.tt akan membuka API untuk membackup database wp. Tapi sepertinya wordpress akan tetap hidup selama ma.tt masih ada. Apalagi kode sumbernya banyak developer yang ikut jagain. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s