Pencurian Data

Baru saja saya diwawancara tentang keamanan server-server di Indonesia. Salah satu pemicunya ternyata adalah kasus pencurian data. Lucunya pencurian data ini dilakukan dengan mencuri harddisk. Ini namanya physical security. hi hi hi.

Banyak orang berpikiran bahwa pencurian data itu harus dengan teknik yang sangat sulit. Ternyata teknik colong-mencolong konvensional masih paten juga. he he he.

Saya kemudian berpikir. Data apa di dalam harddisk itu yang berharga untuk dicuri ya? Jangan-jangan isinya hanya game saja. Nah.

13 Comments

  1. Pada abad lalu (halah) saya pernah membaca berita yang mengutip FBI. Pencurian data, tepatnya kehilangan data, yang terbesar karena…. kasus pencurian laptop. Gak keren babar blas 😀

  2. Mungkin pencurinya nggak butuh data, tapi butuh makan. Di dalam sebuah kompi yang harganya lumayan mahal, mudah dibawa, dan gampang dijual adalah harddisk :p

  3. kalau data mengenai perusahaan dan aset2 serta rahasia perusahaan pasti akan sangat rugi ni
    sekarang nampaknya kita harus makin berhati2

  4. hahaaha.. Kalo curi fisik, urusannya polisi pak.. Ehtapi, polisi kita sdh mahfum cybercrime gak? Kalo curi harddisk berisi video pribadi??

  5. salah satu cara berpikir yang lain: tidak penting nilai data tersebut bagi pencuri itu. yang penting pihak tercuri mengalami kerugian.
    kalo perusahaan main kotor bisa jadi cara berpikirnya seperti itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s