Jualan Buzzwords

Baru saja saya melihat tulisan tentang Smart-*(something) dan ini dikait-kaitkan dengan Teknologi Informasi. Sebelumnya kita banyak mendengar tentang *Cloud* ini dan itu (maksudnya cloud computing). Sebelumnya lagi kita mendengar tentang *Green* ini dan itu. Sebelumnya lagi … ah ada banyak. (Untuk ketiga di atas mungkin bisa digabungkan menjadi “Smart Green Cloud“? he he he.)

Yang saya sebetulnya agak risi adalah buzzwords ini muncul dan hilang tanpa bekas. They come and go without making any dent. Saya menjadi khawatir untuk mendukung ide-ide baru karena nantinya hanya jualan kata-kata saja dong.

Bagaimana menurut Anda?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

8 responses to “Jualan Buzzwords

  • Heri Purnomo

    di kantor saya juga ada wacana mau menitipkan./membackup data lewat “cloud”. Tapi ternyata providernya gak berani jamin data tidak akan hilang.🙂
    Ternyata “cloud” tidak benar-benar “cloud” ya, fisiknya tetap saja di darat yang jika terkena tsunami atau gempa bumi bisa kolaps juga.

  • dora

    Buzzword itu bahasa marketing biar kelihatan wah aja pak.

    An advanced and robust distributed cloud computing system that transform bleeding-edge technology into smart and efficient solution, using latest generation of holistic-artificial approach to drive upward-trend in this apocalyptic “end times” period.

  • sinatriadan.blogspot.com

    kalo ngasilin banyak uang saya mau aja, sinatriadan.blogspot.com

  • FARID We

    beda nama aja ya pak guru….😀 datang dan pergi.

  • juragan.sipil

    yang parah penerapannya ga pas…. di building ada konsep Green-Building… rumahnya dibikin ijo…(dipenuhi tanaman/pepohonan/semak belukar)…😀😀
    Sementara materialnya masih konvensional, sirkulasi udara kacau, penggunaan listrik amit-amit, pasang ac di semua ruangan, water heater, dll.

    Sama aja

  • Affan

    Buzzword populer saat ini: cloud, big data, dan entrepeneur😀

    Unfortunately, buzzword itu perlu utk menggerakkan industri IT. Gara-gara buzzword “cloud” itu semua orang bisa jualan. Pabrik prosesor bisa jualan processor yg kenceng, pabrik harddisk bisa jualan harddisk lebih banyak, vendor server bisa jualan server lebih banyak, vendor networking equipment bisa jualan datacenter switch lebih banyak. Belum lagi bicara software nya, akan muncul seperti jamur perusahaan software cloud hypervisor, cloud orchestration, cloud security, dan sebagainya.

    “Entrepeneur” menurut saya juga merupakan buzzword, karena pengamalannya nggak jelas oleh yang menggembar-gemborkannya. Kalau sebuah universitas, atau bahkan sebuah negara menggembar-gemborkan entrepeneur, sementara dalam kenyataannya lingkungan universitas hanya memudahkan mahasiswa belajar untuk menjadi tenaga kerja di luar. Nggak ada kemudahan bagi mahasiswa yg mau ngoprek, mau habis waktu utk jadi entrepeneur.

  • bocah petualang

    Hanya jadi jualan dan tren sesaat😀

  • iscab.saptocondro

    Seperti kata orang yang kuliah sastra, realitas terletak pada bahasa.
    Bahasalah yang menghubungkan manusia yang satu dengan yang lain, sehingga mampu membentuk peradaban.
    Jargon itu penting dalam kegiatan bermasyarakat. Berbagai istilah terbentuk untuk mengikat manusia dalam kegiatan sosialnya dalam pasar, politik, pendidikan, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: