Aku Dan Saya

Pemilihan kata untuk menyatakan diri ini sungguh memusingkan. Sekarang ini kata “saya” lebih sering saya gunakan di blog ini. (Tuh kan, saya.) Entah kenapa saya merasa kata “saya” ini lebih netral meskipun berkesan agak formal.

Ketika menggunakan kata “aku”, ada kesan personalisasi, romantisme, dan kedekatan yang berlebihan. Bahkan untuk tulisan yang agak berbau fiksi sekalipun saya kadang enggan menggunakan kata “aku”. Padahal semestinya aku itu lebih cocok daripada saya.

Saya orang biasa

dan

Aku orang biasa

terasa berbeda, bukan? Lebih enak yang terakhir.

Saya sebetulnya ingin tahu pendapat pembaca ketika saya menggunakan kata “aku”. Bolehkah aku menjadi aku?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

17 responses to “Aku Dan Saya

  • Jefry

    tidak masalah bila anda menggunakan kata “aku” sebagai pengganti “saya”, yang terpenting kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menjaga kearifan bahasa nasional kita🙂

  • lukman hakim

    Saya lebih suka menggunakan kata ‘saya’ dari pada aku. Terasa lebih sopan, walaupun secara tata bahasa saya belum menemukan penjelasan yang memadai.

    Akan tetapi ‘aku’ lebih berkonotasi egoisme bila kita menggunakannya pada saat berkomunikasi dengan orang yang lebih tua atau orang yang baru kita kenal.

    Saya tidak tahu apakah ini menyangkut kebiasaan saja atau memang demikianlah kita harus menerapkan keduanya.

  • mumox

    yang cocok bilang “aku” adalah Anang.. Hehehe

  • Komarudin Tasdik

    Saya malah nambah nanya Pak,
    Benarkah penggunaan kata “kami” dan “kita” sekarang sudah sering tertukar?

    Contoh:
    Pejabat berkata: “Nanti, kita bicarakan dulu sama atasan.”

    Padahal saya tidak diajak bicara bersama atasannya.

  • zainalarif

    Memang ‘aku’ itu cocoknya digunakan untuk menyatakan apa yang kita rasakan karena artinya lebih personal.

  • Antyo R.

    Bergantung konteks, tentunya. Dalam blog saya sering ber-saya. Dalam percakapan lisan ya lihat dulu berbicara dengan siapa dalam forum macam apa.

    Yang saya heren, makin ke sini makin sering mendapati orang ber-aku, padahal dia tak akrab dengan saya, kenanl pun barusan. Misalnya salesman, petugas penghubung, dan masih banyak lagi — mereka memanggil saya “pak”, bukan “Mas” atau “oom”, tapi menyebut diri aku.

    Lebih heran lagi, ada seorang gadis yang sangat egaliter. Umurnya sekitar 25, setiap orang, termasuk yang sebaya ayahnya, dia sapa “kamu”.😀
    Mungkin itu sdh lebih sopan ketimbang “elu” 😀

  • iwan tidung

    Setuju banget dengan @ mas zainalarif.

  • Budi Santoso

    enak dengan kata “saya” karena lebih formal.

    “aku” lebih untuk perasaan, puisi dengan kata “aku’, nah pas.

  • Budi Santoso

    ngga jadi follow lah, sampean jarang nulis lagi.

    Kalau nulis lagi, kirim reply mas ya… saya tinggalkan jejak disini.. ntar saya follow. hahaha.

    lanjut mas. maaf nambah coretan berserakan disini.

  • Budi Santoso

    ^sori mas, salah nulis di blog komen. hadeh… ngga ada link hapusnya ya?

    salah nulis di blog… duh duh, sudah tengah malam… ngantuk.

  • yuti

    kata saya memiliki kesan leboh formal misalnya kalau bicara dengan dosen atau orang yang lebih tua. dan karena alasan itu kadang menciptakan jarak. kata aku lebih puitis, seperti potongan puisi dari chairil anwar, “aku adalah binatang jalang dari kumpulannya terbuang”. kata aku menciptakan penekanan

  • JNYnita

    Aku punya post yg mirip2..
    http://jnynita.wordpress.com/2011/05/31/aku-atau-saya/
    hehe…
    Skrg sih aku pake AKU utk comment.dan saya utk di post

  • aris jayandrana

    saya menggunakan “saya” saat ingin membuat “jarak”,🙂, jadi tergantung mood saya waktu itu

  • Pulau Tidung

    Saya itu, sepertinya lebih halus deh..

  • iwan tidung

    Aku dan saya, serupa tapi tak sama.

  • Irwan

    “Aku dan Saya, sama saja”..

Tinggalkan Balasan

