Belajar di Abad 21

Tadi pagi saya melihat status facebook kawan saya (Jay Diamond) yang sedang mendengarkan presentasi dari Tim O’Reilly di Stanford. Langsung saya bertanya bagaimana caranya untuk mendapatkan rekaman presentasinya. Eh, ternyata ada di situsnya (Stanford University’s Entrepreneurial Corner). Whoa. Langsung saya download. Sebetulnya tadinya saya dengarkan secara online, tetapi karena saking bagusnya saya download MP3-nya. Sekarang (menjelang tengah malam) saya dengarkan lagi.

Beginilah nampaknya belajar di abad 21.

Yang pertama adalah ketertarikan berasal dari sebuah status di facebook. Artinya media sosial memang dapat digunakan untuk memicu ketertarikan atas sebuah pelajaran. Hanya dari sebuah status.

Yang kedua adalah hilangnya batas fisik. Mungkin ini yang paling menarik. Saya dan kawan saya terpisah dalam jarak yang luar biasa jauhnya – di sisi lain dari dunia dengan beda waktu 12 jam – tetapi ternyata dapat belajar bersama. Saya yang berada jauh dari Stanford memiliki akses yang sama dengan orang yang secara fisik berada di sana. Luar biasa.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

11 responses to “Belajar di Abad 21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: