Traffic Palsu

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara untuk mendapatkan banyak kunjungan ke halaman web (situs, facebook, dan sejenisnya). How to generate traffic? Jawabannya umumnya adalah SEO (search engine optimization), adwords, dan beli traffic. Sangat mudah untuk membuat robot yang menghasilkan traffic.

Jawaban di atas menurut saya adalah jawaban semu. Orang lupa bahwa sesungguhnya yang dicari bukan lalu lintasnya, melainkan orang beli barang yang ada di situs kita, atau orang menjadi lebih tertarik kepada isinya, belajar lebih banyak, terjadi diskusi, atau hal-hal yang sesungguhnya menjadi tujuan utama dari keberadaan situs kita. Bahwa harus ada traffic itu satu hal, tetapi menghasilkan traffic semu tidak akan mencapai tujuan yang kita harapkan. Memangnya kalau banyak like itu apa bisa mencapai tujuan kalau yang nge-like itu robot (program) he he he.

Jawaban saya untuk pertanyaan awal, how to generate traffic, adalah membuat tulisan yang menarik dan banyak. Tulisan harus sering diubah sehingga orang akan datang lagi. Atau tampilan diubah. Kalau tulisannya tetap sama, tampilan tetap sama, maka orang tidak akan datang berkali-kali. Toh tetap sama saja. Mengapa harus datang berkali-kali?

Yang saya lakukan pada blog ini ya seperti itu, menulis banyak (rutin). Itu saja. Tulisannya pun tidak hebat-hebat amat. Isinya adalah hal-hal yang terkait dengan saya. Itu saja.

26 Comments

  1. betul ya pak guru, saya juga baru mulai menyadarinya. Awalnya saya sangat menggebugebu mengejar traffic, tetapi ketika blog saya tak kunjung menjadi sehebat apa yang saya idamkan, layaknya blog pak guru ini, saya menjadi kecewa dan hilang gairah.

    Saya mulai menyadarinya, bahwa sesungguhnya, menurut saya, seorang blogger itu harus menjadi seorang yg gemar berbagi, entah itu berbagi pengalaman ataupun berbagi informasi. Ketika kita senang menulis, maka menulislah mulai sekarang, meskipun yg kita tulis hanyalah sebuah tulisan singkat dan tidak hebat. Siapa tahu saja, setiap tulisan kita itu suatu saat berharga buat yang lain atau yang membaca.

  2. Saya pikir juga begitu, pak Budi. Buat apa memiliki traffic yang tinggi, jika yang datang berkunjung tidak ada urusannya dengan konten blog kita.
    Saya pikir lebih baik jika yang datang berkunjung itu memang mendapatkan sesuatu dari tulisan/gambar kita yang kita uplod.

    Selain menulis hal remeh temeh urusan keseharian saya, kadang-kadang saya malah sengaja memperhatikan search engine term yang dicari orang dan nyasar ke blog saya. Lalu jika saya kebetulan memiliki pemahaman/pengetahuan tentang apa yang disearch oleh orang-orang, maka saya akan berusaha menulis tentang topic tersebut. Setidaknya, mungkin ada gunanya bagi orang lain juga…

  3. SEO itu menyebalkan banget. Membuat saya sering kesasar kesitus abal-abal pas googling. Makanya sekarang saya lebih sering menggunakan Duckduckgo.

  4. hal ini mengingatkanku pas kuliah ttg information retrieval. mempelajari ttg meningkatkan SEO dgn memberikan banyak link di banyak website

  5. Kalau artikelnya bermanfaat cepat atau lambat akan dapat traffik walaupun nggak drastis apalagi kalau temanya spesifik bisa punya komunitas sendiri yang akan menjadi pengunjung setia.

  6. saya bingung awalnya,saya punya blog tapi sepi view,cari info2 ttg traffic,seo,sitemaps,dll membuat saya terkadang bingung sendiri,jadinya saya hanya sering2 sering nulis apa yang menjadi topik yang saya bahas di blog saya,eee..lambat laun,yang ngeklik,yang lihat,dan view makin banyak,jadinya rajin bikin ulisan dan artikellah yang paling bertaji mendatangkan pengunjung…

  7. Ah benar juga tuh, 5 th yg lalu sy buat blog yg isinya cuma 1 artikel saja, baru minggu yang lalu sy update, eh sy cek ternyata alexanya lumayan ramping dan nongol di halaman 1 google untuk keyword yang saya pakai, padahal dulu asal-asalan buatnya

Tinggalkan Balasan

