(menjadi) Dinosaurus

Ada hal-hal yang menyebalkan bagi saya. Salah satunya adalah melihat “top posting” dalam mailing list. Bagi yang belum tahu apa itu “top posting”, silahkan cari informasinya di internet. Justru itulah yang membuat saya sebel. Ini adalah masalah etika dalam berkomunikasi di internet.

Masalahnya adalah banyak orang yang tidak tahu dan tidak mau tahu etika berkomunikasi di internet. Mungkin ini salah kita juga karena tidak mengajari mereka cara berkomunikasi yang baik. Kita beranggapan bahwa kalau sudah pakai internet atau handphone mereka sudah *pasti* tahu etikanya. Harus tahu! Padahal realitasnya tidak.

Dari mana mereka belajar tentang etika berkomunikasi ini? Dari mana Anda belajarnya? Umumnya orang hanya melihat orang lain. Meniru. Iya kalau yang ditiru itu yang benar. Bagaimana kalau yang ditiru itu juga yang tidak tahu? Nah justru yang terakhir inilah yang terjadi. Akibatnya banyak yang tidak tahu.

Atau … kalau dilihat dari kacamata lain, mungkin saya yang sudah ketinggalan jaman. Sudah menjadi dinosaurus di dunia baru ini. Sekarang etika sudah berubah. Semuanya serba aku, aku, dan aku. Peduli amat dengan orang lain? This is the new new thing.

I feel like I am a dinosaur. Heck. I AM a dinosaur!

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “(menjadi) Dinosaurus

Tinggalkan Balasan

