Tag

,

Bagaimana menjelaskan ke klien bahwa apa yang mereka minta itu terlalu banyak? Implikasi dari banyaknya yang mereka minta itu adalah harga menjadi lebih mahal. Yang mana kemudian ini menjadi di luar jangkauan dari kemampuan finansial mereka.

Bidang kami adalah security. Seringkali tim kami diminta untuk memberikan layanan yang terkait dengan keamanan perusahaan atau instansi klien. Ada beberapa klien yang meminta layanan dengan lingkup pekerjaan yang sangat luas. Kami harus menjelaskan kepada mereka bahwa yang mereka inginkan itu terlalu besar. Seringkali mereka tetap ngotot. Begitu kami berikan harganya, mereka mundur teratur. Ya ampun. Kan sudah diberitahu. Kalau maunya banyak ya harganya mahal. Lebih baik dilakukan secukupnya saja dulu.

Salah satu cara yang sebetulnya efektif untuk membuka mata klien (atau calon klien) adalah dengan memberikan pelatihan (training). Biasanya pelatihan dapat membuka wawasan kepada klien tentang apa-apa yang harus dikerjakan dan tingkat kesulitan yang terkait dengan melakukan pekerjaan itu. Setelah pelatihan barulah mereka dapat menghargai apa yang kami tawarkan. Nah, untuk mengajak klien untuk mengikuti pelatihan ini ternyata menjadi permasalahan tersendiri.

Memecahkan satu masalah, muncul masalah baru. Oh well. Namanya juga hidup,  bukan?