Tag

,

Akhir-akhir ini ada banyak tulisan, status facebook, diskusi di darat yang membahas tentang tantangan hidup di Indonesia. Di satu sisi, hidup di Indonesia ini ada banyak kemudahan. Alam sangat bersahabat (meskipun sekarang alam sudah mulai marah dengan manusia). Orang bisa hidup dengan hanya luntang lantung di pinggir jalan. Di tempat yang ada musim dingin, mana bisa mau minta-minta atau gitaran di jalan. he he he.

Di sisi lain, hidup di Indonesia harus dijalani dengan sedikit menjadi superman (atau superwoman?). Orang Indonesia dituntut untuk melakukan banyak hal sekaligus. Jadi dosen, misalnya, dituntut untuk dapat melakukan tridharma; mengajar, meneliti, dan melakukan pengabdian masyarakat. Harus bisa tiga-tiganya. Mahasiswa juga dituntut untuk belajar dan untuk yang tingkatannya mahasiswa pasca sarjana dituntut untuk mengajar juga. Yang ini sebenarnya mirip dengan di luar negeri, tetapi di luar negeri kita bisa lebih fokus. Itulah sebabnya saya menganjurkan untuk mengambil S3 di luar negeri saja daripada di Indonesia.

Kadang juga orang yang berpendidikan, selain dituntut untuk bekerja juga dintuntut untuk menjadi ketua RT/RW dan sebagainya. he he he. Pokoknya hebatlah orang Indonesia.

Singkatnya, hidup di Indonesia itu harus bisa rangkap-rangkap. (Kalau perlu, jabatan juga dirangkap. he he he.) Kalau di luar negeri, seseorang itu bisa fokus kepada satu lakon saja. Hebatnya orang Indonesia ya?