Let’s Do Linux

Saya ingin kembali mengajak rekan-rekan untuk menggunakan Linux. Bagi yang sudah menggunakan Linux, tulisan ini boleh diloncat. Bagi yang belum menggunakan Linux, apa masalah yang Anda hadapi untuk tidak pindah ke Linux?

Saya sendiri sekarang puas dengan menggunakan Linux Mint untuk komputer desktop saya. Untuk server saya masih menggunakan Debian dan kalau terpaksa menggunakan Ubuntu.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

16 responses to “Let’s Do Linux

  • mpig

    Saya pakai dual OS; Lubuntu & Windows. Masih pakai Windows karena tv tuner Gadmei masih belum bisa jalan di Lubuntu.

    Sayang beberapa produsen hardware masih menganaktirikan Linux dalam hal penyediaan driver.

  • hafid junaidi

    Saya sudah linux (android)

  • Dhani

    Masalah Linux adalah ketersediaan driver dan waktu untuk mengoprek pak. Dulu saya pemakai Linux tapi sekarang untuk komputasi pribadi saya lebih memilih Windows karena alasan ketersediaan driver untuk hardware. Saya sudah tidak punya waktu untuk mengoprek atau tanya2 di Forum hanya supaya hardware yang saya pasang bisa berjalan di sistem saya,

  • Catshade

    Saya gamer, pak. sebagian besar games di pasaran ya adanya di Windows thok, mau gimana lagi. Ribet kalo harus pake WINE segala macem😛

  • juragan.sipil

    software civil engineering blum banyak tersedia untuk platform linux pak…

    Kalopun ada, butuh perjalanan yang panjang untuk meyakinkan para civil and structure engineer untuk menggunakan software tersebut, misalnya verifikasi dari para ahli konstruksi, verifikasi terhadap perhitungan manual, penggunaan code/standar konstruksi yang beda-beda ada di tiap negara.

    Jadi… bukannya pesimis…. tapi memang begitu kenyataannya…😀

  • Adhitya Adit

    kenapa harus terpaksa menggunakan ubuntunya pak ?

  • mumox

    apa kelebihan linux pak? Gratisnya atau kemudahannya?

  • Emanuel Setio Dewo

    Saya sudah sejak lama. Sayangnya saat beli notebook sudah pre-installed Windows 8. Saat mau beli tanpa OS tidak boleh, harus pake win8 karena sudah dari pabriknya begitu (kata yg jual). Akhirnya win8 saya babat habis. Rugi lisensi.

  • iscab.saptocondro

    Saya pakai dual-OS.
    Windows untuk kegiatan sehari-hari: nonton TV, main game, merefresh kemampuan Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint supaya kaga gaptek di kantor.
    Linux, eh Ubuntu, untuk keperluan hacking dan programming.

    Multi-OS penting untuk menguji apakah “sesuatu” bisa berjalan semestinya di OS yang berbeda-beda.

  • robinzarizky

    Linux aja gratis tinggal download

  • jacobian

    saya make linux cuma di hostingan cpanel ajah pak utk ngurus website.😛.lainnya make windows karna lebih enak main game n kompatibilitas printer yg lebih mudah daripada make linux,

  • tutorial linux

    Saya sudah beberapa tahun make Linux dan masih pake Ubuntu di laptop, di server ada Ubuntu, CentOS, dan RedHat.

  • soichiroblue

    saya nyaman pakai ubuntu karena kestabilannya. dan di tempat kerja, belum pernah saya dimarahin bos karena ngetiknya pake linux. .😀

  • Adham Somantrie

    Karena saya pake Mac, saya tanya balik, Pak: kenapa saya mesti pake linux?🙂

  • Budi Rahardjo

    Kalau untuk sendiri (pribadi) sih gak masalah. Kalau menganjurkan untuk 15000 mahasiswa? he he he. Masalah lah.

  • Xathrya Sabertooth

    Saya dualboot, satu Linux Slackware satunya Windows 8. Keduanya 64 bit dan diinstall di Lenovo z480, mantap😀

Tinggalkan Balasan

