Mengajari Membaca Buku

Pertanyaan yang sering saya lemparkan kepada mahasiswa saya adalah “buku apa yang sedang kalian baca”. Seringnya dijawab dengan pandangan yang kosong. Kemudian dilengkapi dengan alasan sibuk tugas kuliah. Yaelah…

Membaca mungkin belum menjadi budaya bangsa kita ya? Yang saya maksudkan dengan membaca di sini bukan membaca buku teks atau buku pelajaran, tetapi buku-buku (atau apa saja) dengan topik yang bervariasi. Liar.

Mungkin memang budaya baca adalah budaya orang Barat. Sementara itu kita memiliki budaya Timur. Beda saja. Bukan berarti budaya Barat lebih bagus bukan? Hanya saja saya merasa bahwa seharusnya kebiasaan membaca ini dapat kita jadikan budaya kita.

Kalau dahulu kita kesulitan akses terhadap bahan bacaan. Buku-buku yang bagus banyak beredar di luar Indonesia. Akses terhadap buku itu susah dan kalaupun dapat bukunya harganya mahal sekali. Perpustakaan di Indonesia juga kualitasnya buruk sekali. Maka hanya sebagian orang saja yang dapat menyisihkan uang untuk membeli buku. Maka makin sedikit yang membaca buku. Ini menjadi siklus yang makin menjauhkan orang Indonesia dari kebiasaan membaca.

Sekarang dengan adanya internet sangat mudah untuk mendapatkan buku, baik secara legal ataupun tidak. (hi hi hi.) Intinya adalah sekarang akses ke buku apapun lebih mudah. Ini bukan masalah seperti jaman dahulu.

Saya ingin mengajak mahasiswa saya untuk menggemari membaca. Tapi bagaimana caranya ya? Salah satu cara yang saya lakukan adalah menunjukkan – mencotohkan – kepada mereka buku-buku yang sedang saya baca. Semoga mereka ketularan dan dapat merasakan nikmatnya serta manfaatnya membaca.

Ya, membaca memang nampaknya masih harus diajarkan. Dibutuhkan waktu yang lama serta kesabaran yang luar biasa untuk mengubah budaya.

[baca buku dulu ah.]

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

13 responses to “Mengajari Membaca Buku

  • mpig

    Saya termasuk yang malas membaca buku. Bahkan membaca komik Detektif Conan saja kadang disambung membacanya.

    Saya tipe ‘to the point’ mungkin. Malas dengan hal-hal yang bertele-tele dan yang tidak saya perlukan. Kalau ada hal yang membuat penasaran, lebih suka googling dibanding membaca satu buku penuh.

    Words are bullshit. *halahsokenggres

  • Sandyyy

    Munkin karna sumber bacaan banyak di Internet jadi pada kurang minatnya dengan Buku pak. terkecuali Novel2x dan semacamnya. hehe

  • jacobian

    baca novel stephen king ajah yg lebih menarik

  • ridwan

    Terima kasih pak budi,
    15 tahun yg lalu bapak pernah menulis di sebuah
    Kolom untuk segera mulai membaca buku yg menjadi referense untuk menjadi engineer yg baik.
    Bapak sarankan semua koleksi W.Ricard steven. Sekarang berkat fundamental knowledge dari buku itu, perjalan carieer saya di industri IT semakin jelas dan berarti.
    Thanks for everything pak
    Regards
    Ridwan

  • asfarianan

    Ada banyak faktor, terutama karena mahasiswa saat ini telah mengenai teknologi multimedia sejak SD, baik dalam bentuk TV atau video games yang interaktif dan jauh lebih menarik daripada buku yang berbasis teks.

    Selain itu, sepertinya pengaruh buku digital yang semakin marak juga berperan. Kalau dulu, dengan buku fisik, kita harus mencari kata kunci yang kita cari di bagian index (atau di daftar isi). Jadi, selain hal yang kita cari, kita juga jadi mengetahui hal-hal yang tadinya tidak ingin kita cari.

    Kalau sekarang, cukup buka buku digital (atau Google) dan memasukkan kata kunci pencarian. Otomatis paragraf yang dicari langsung muncul. Praktis! Namun, hal yang praktis inilah yang membuat orang menjadi malas membaca dan memahami buku. Akhirnya, jangan dipahami, kadang diingat saja tidak. Toh, kalau lupa tinggal Googling lagi.

    Akhirnya, saya sering iseng memberikan soal-soal ujian yang saya ambil dari buku dan hal ini saya informasikan ke mahasiswa. Sayangnya, melihat dari hasil jawaban mereka, sepertinya usaha ini belum efektif.

  • niken

    Jleb! Baca buku dulu ah pagi ini…🙂

  • bayu

    sering sih baca buku, cuma kalo gak novel ya komik

    buku kuliahnya mah dianggurin😀

  • riankobeshadow

    biasakan dulu baca yang kita suka, nanti biasanya merambat gitu pa ke buku yang lain..hehe

  • tutorial linux

    Saya senangnya baca novel petualangan atau scifi, baca majalah teknologi dan traveling juga cukup senang.

  • kangope

    Ada 300 buku di rumah, hanya 10% nya saja yang telah dibaca hadeuh we need time to read some books sir😀

  • risa

    benar itu pak. saya termasuk orang yang suka baca buku. kadang nyari buku yang bagus itu susah kalo di indonesia. koleksi perpus2nya jg kurang lengkap

  • Dimas Shu

    yeee… semangat!!! pak.. kampanye membacanya..
    kaya pak Andy F Noya.. di metro bagi2 buku terus… #kampanyebaca

    Sy sih berpendapat… budaya baca bisa di bentuk dari anak2… anak2 dibiasakan membaca buku.. baik cerita ato lainnya
    kalo anak2 skrg dibiasakan nonton youtube terus dan game interaktif.. bisa2 lebih senang game dan video… hhehe
    my opinion

Tinggalkan Balasan

