Akhir Pekan Adalah Waktu Untuk …

Berbeda dengan banyak orang, akhir pekan (weekend) bagi saya adalah waktu untuk belajar. Hari-hari biasa saya harus memberikan, mengajari, menghasilkan sesuatu. Lantas kapan belajarnya? Ya pada akhir pekan.

Yang saya maksud dengan belajar ini berwujud banyak; baca (buku, journal, majalah, tulisan-tulisan di internet), latihan (programming, memotret, main musik), dan bereksperimen secara umum (ngoprek perangkat / hardware). Repotnya belajar ini sering kali harus saya lakukan secara autodidak. Belajar sendiri. Akibatnya waktu belajarnya juga bisa jadi lebih lama daripada orang yang belajar dengan berguru.

Selain itu saya senang belajar banyak hal. Akibatnya pas belajar ini saya sering merasa diburu-buru. Baca buku kan mestinya tidak harus diburu-buru. Rileks gitu. Nah ini karena ada selemari buku yang ingin dibaca, akhirnya jadi merasa diburu-buru. Hilanglah rasa kebahagiaan membaca buku.

Akhir pekan juga sebetulnya adalah waktu untuk istirahat. Kadang waktu akhir pekan saya habiskan untuk tiduran, nonton tv / film. Kalau ini yang terjadi, ya belajar harus berhenti. Dan saya merasa berdosa karena menghabiskan waktu tidak untuk belajar. Padahal kan manusiawi sekali untuk istirahat kan?

Bagaimana dengan Anda? akhir pekan adalah …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “Akhir Pekan Adalah Waktu Untuk …

Tinggalkan Balasan

