Akhir Pekan Adalah Waktu Untuk …

Berbeda dengan banyak orang, akhir pekan (weekend) bagi saya adalah waktu untuk belajar. Hari-hari biasa saya harus memberikan, mengajari, menghasilkan sesuatu. Lantas kapan belajarnya? Ya pada akhir pekan.

Yang saya maksud dengan belajar ini berwujud banyak; baca (buku, journal, majalah, tulisan-tulisan di internet), latihan (programming, memotret, main musik), dan bereksperimen secara umum (ngoprek perangkat / hardware). Repotnya belajar ini sering kali harus saya lakukan secara autodidak. Belajar sendiri. Akibatnya waktu belajarnya juga bisa jadi lebih lama daripada orang yang belajar dengan berguru.

Selain itu saya senang belajar banyak hal. Akibatnya pas belajar ini saya sering merasa diburu-buru. Baca buku kan mestinya tidak harus diburu-buru. Rileks gitu. Nah ini karena ada selemari buku yang ingin dibaca, akhirnya jadi merasa diburu-buru. Hilanglah rasa kebahagiaan membaca buku.

Akhir pekan juga sebetulnya adalah waktu untuk istirahat. Kadang waktu akhir pekan saya habiskan untuk tiduran, nonton tv / film. Kalau ini yang terjadi, ya belajar harus berhenti. Dan saya merasa berdosa karena menghabiskan waktu tidak untuk belajar. Padahal kan manusiawi sekali untuk istirahat kan?

Bagaimana dengan Anda? akhir pekan adalah …

Iklan

10 pemikiran pada “Akhir Pekan Adalah Waktu Untuk …

  1. Untuk saya — setidaknya untuk beberapa minggu terakhir ini — akhir pekan adalah waktu untuk menghadiri nikahan teman, haha… 😀

    Tapi biasanya sih memang akhir pekan lebih banyak dihabiskan untuk hobi (lari, badminton, baca buku, dsb.) atau bersih-bersih kosan.

  2. Wah kalo saya, sabtu pagi sampe sabtu sore belajar atau ngerjain proyek pak. Nah, malam minggu jalan-jalan minggu pagi senam pak di sabuga hihi. Baru minggu siangnya belajar lagi hehe 😀

  3. Sama, saya juga hampir selalu merasa bersalah jika menghabiskan waktu untuk tidak belajar, pak…tapi ya benar, kita manusia kadang memberi terlalu banyak tekanan pada diri sendiri 🙂

  4. Saya hindari belajar autodidak. Sabtu+Minggu betul2 saya nikmati,men jadi “murid” sejati….Tenggelam didalamnya membuat saya merasa kurang dan selalu merasa muda….:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s