Petualangan Intelektual

Tadi pagi saya memberikan presentasi mengenai cyber world di  suspim (kursus pimpinan?) sebuah instansi. Saya ajak para peserta untuk mengikuti pemikiran saya, yang kadang-kadang tidak lazim. he he he.

Salah satu peserta berkomentar (sebetulnya merupakan bagian dalam pertanyaannya) bahwa tadi kita sudah diajak oleh pak Budi untuk melakukan sebuah “intellectual adventure” (or something like that). Wow! Saya senang mendengar kata-kata itu. Keren banget. Apa ya terjemahannya? “Petualangan intelektual” mungkin?

Memang tujuan saya adalah mengajak para peserta untuk membuka wawasan dan menginspirasi mereka, tetapi saya tidak memiliki terminologi yang pas untuk apa yang saya lakukan. Setelah disebut  “intellectual adventure” maka tiba-tiba lampu menyala di kepala saya. Eureka! Itu dia. Wah keren. Dalam presentasi-presentasi berikutnya saya akan coba gunakan tema ini; petualangan.

Yang membuat saya senang juga adalah  peserta dapat ikut terbawa dalam petualangan ini. Memang itulah tujuannya. I am happy … Mission accomplished!

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “Petualangan Intelektual

Tinggalkan Balasan

