Tag

, ,

Minggu ini National Geographic Channel (NGC) menampilkan tema “the 80s”, tahun 80an. Saya langsung tertarik karena tahun 80an adalah tahun dimana saya mulai menjadi dewasa. (Saya masuk ke ITB tahun 1981.)

Ada banyak cuplikan sejarah yang ditampilkan di sana. Hancurnya batasan antara musik kulit putih dan kulit hitam dengan adanya kolaborasi antara Aerosmith (rock) dan Run DMC (rap) dalam bentuk lagu “Walk This Way”. Lagu ini mulanya adalah lagu andalan Aerosmith yang kemudian ditambahkan versi rap yang menggabungkan keduanya. Ternyata kolaborasi ini menjadi populer.

Tidak hanya di dunia hiburan, di dunia nyatapun dinding runtuh. Dinding Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Timur tumbang. Tidak terbayangkan hal ini akan bakal terjadi.

Kolaborasi antara Amerika dan Uni Soviet pun terjadi. Masih ingat games Tetris? Ternyata ada cerita yang menarik di belakangnya. Bagaimana Tetris ini menjadi killer application dari Game Boy. Film the Simpsons, yang menjadi bagian dari pop culture Amerika, pun muncul di tahun 80an. Masih banyak artifak-artifak lainnya. Tonton saja “the 80s” di NGC ini. Seri dokumenter yang sangat menarik.

Ada satu tema yang muncul berulang-ulang dalam kejadian di tahun 80an, yaitu optimisme. Banyak hal yang tadinya dianggap tidak mungkin terjadi, ternyata terjadi. Ini membuka mata generasi tahun 80an bahwa anything can happen. Mungkin ini yang menyebabkan kami memiliki semangat optimisme yang tinggi?

Bagaimana dengan generasi Anda?