Lagu Adalah Perjalanan Hidup

Secara tidak sengaja saya melihat film di TV, the Lake House. Iya itu yang pemeran utamanya adalah Sandra Bullock dan Keanu Reeves. Salah satu yang menarik bagi saya adalah lagu-lagu soundtracknya.

Ketika saya mendengar lagunya Carole King, It’s too late, langsung saya mengenali. Oke, itu lagunya Carole King. Terus tidak lama lagi ada lagunya Paul McCartney, This Never Happened Before. Saya juga mengenali lagu itu. Hmm… ada yang aneh. Ada kesan dejavu. Setelah saya pikir-pikir, nampaknya saya memang mengenali lagu itu ketika dulu nonton film ini. Jadi memang lagu-lagu ini dalam memori saya melekat dengan film itu.

Demikian pula dengan lagu-lagu lain. Mereka melekat dengan perjalanan hidup kita. Begitu mendengar lagu tertentu maka yang terbayang adalah kisah-kisah yang kita alami pada masa itu. Itulah sebabnya kalau kita seumuran, probabilitas mendengarkan lagu yang sama sangat besar. Jadi kalau ada acara reunian maka lagu-lagu itulah yang dikeluarkan karena lagu adalah perjalanan hidup.

Sekarang saya malah jadi berpikir, bagaimana data | memori disimpan dalam otak kita ya? Rasanya tidak mungkin kalau dia disimpan seperti dokumen dalam folder. Nampaknya dia disimpan secara berurutan berdasarkan waktu, seperti “time line” di facebook. Kemudian, ada semacam mekanisme pencarian (search) yang berbasis pola (pattern) yang agak samar-samar (fuzzy), bukan berbasiskan address. Lho kok jadi seperti kuliah arsitektur komputer begini. hi hi hi.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

6 responses to “Lagu Adalah Perjalanan Hidup

  • pa

    Sama seperti saya pak, lagu itu seperti alat pengingat masa lalu😀 selamat malam

  • jacobian

    ini di warner tv ya pak? film lakehouse emang menyenangkan cerita nya.

  • Heri Purnomo

    hehehe.. persis pak Budi, saat chating di facebook sama teman.. sering karaokean maya dengan lagu-lagu kenangan saat smp dulu…

  • yuti

    asumsi saya sebagai orang awam, otak bekerja dengan asosiasi. karena itu untuk psikotes atau konsultasi dengan psikolog, kadang kita diminta menyelesaikan gambar atau ada juga tes yang meminta pasien untuk memberikan pasangan kata. dari hal-hal yang tidak terkait ini, dokter akan mencobe merekonstruksi apa yang terjadi berdasarkan kepingan-kepingan informasi.

  • m-amin

    Aku sangat teringat dengan lagu2 yang menemani hidupku sewaktu masih duduk di bangku SMA.

  • Divo Utomo

    Sama Pak, Kalau lagu Favorit saya untuk Lagu Indonesia adalah ” Lembayung Bali ” . Lagu Lembayung Bali mengingatkan akan kerinduan kepada Sahabat Masa Kecil Saya. Good Luck🙂

Tinggalkan Balasan

