Tag

, ,

Sekarang nampaknya ada kebutuhan gadget baru, power bank. Ini adalah perangkat – yang sebetulnya adalah batre – yang dapat digunakan untuk mengisi (men-charge) handphone. Kemana-mana saya melihat, orang-orang sekarang membawa power bank untuk mengisi batre handphone mereka. Bahkan tidak jarang saya melihat orang menggunakan handphone-nya sambil masih terhubung dengan power bank.

CIMG5148 power bank 1000

Nampaknya penggunaan handphone kita melebihi kemampuan batre dari handphone. Pembuat handphone tidak mengira orang Indonesia demikian intensifnya menggunakan handphone sehingga batre habis dan harus diisi saat itu juga.🙂

Atau mungkin ini disebabkan sinyal operator seluler yang buruk sehingga menghabiskan batre? Handphone yang sama kalau di Indonesia harus diisi batrenya setiap malam. Kalau handphone ini saya bawa ke Singapura, dia bisa bertahan dua hari-an. Sinyal handphone ada dimana-mana. (Atau sebetulnya kalau di luar negeri kita jarang telepon / SMS sehingga penggunaan lebih sedikit dan otomatis batre lebih awet?)

Apapun alasannya, power bank merupakan barang terlaris saat ini. Orang luar negeri – Amerika, maksudnya – tidak dapat memahami pasar ini. Yang memahami pasar ini adalah China. Mereka yang sukses dengan menguasai pasar produk baru ini. Sementara itu kita hanya menjadi konsumer dan tempat pembuangan batre bekas. Yang terakhir ini merupakan topik bahasan di lain kesempatan.

Jadi, Anda sudah punya power bank?