Gadget Tambahan?

Sekarang nampaknya ada kebutuhan gadget baru, power bank. Ini adalah perangkat – yang sebetulnya adalah batre – yang dapat digunakan untuk mengisi (men-charge) handphone. Kemana-mana saya melihat, orang-orang sekarang membawa power bank untuk mengisi batre handphone mereka. Bahkan tidak jarang saya melihat orang menggunakan handphone-nya sambil masih terhubung dengan power bank.

CIMG5148 power bank 1000

Nampaknya penggunaan handphone kita melebihi kemampuan batre dari handphone. Pembuat handphone tidak mengira orang Indonesia demikian intensifnya menggunakan handphone sehingga batre habis dan harus diisi saat itu juga.🙂

Atau mungkin ini disebabkan sinyal operator seluler yang buruk sehingga menghabiskan batre? Handphone yang sama kalau di Indonesia harus diisi batrenya setiap malam. Kalau handphone ini saya bawa ke Singapura, dia bisa bertahan dua hari-an. Sinyal handphone ada dimana-mana. (Atau sebetulnya kalau di luar negeri kita jarang telepon / SMS sehingga penggunaan lebih sedikit dan otomatis batre lebih awet?)

Apapun alasannya, power bank merupakan barang terlaris saat ini. Orang luar negeri – Amerika, maksudnya – tidak dapat memahami pasar ini. Yang memahami pasar ini adalah China. Mereka yang sukses dengan menguasai pasar produk baru ini. Sementara itu kita hanya menjadi konsumer dan tempat pembuangan batre bekas. Yang terakhir ini merupakan topik bahasan di lain kesempatan.

Jadi, Anda sudah punya power bank?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

13 responses to “Gadget Tambahan?

  • jacobian

    berapa harga powerbank skrg ini ya?

  • Heri Purnomo

    Belum punya pak Budi, kayaknya msh cukup dg batere yg ada.🙂

  • gumilang nudianti

    belum pak rasanya masih belum perlu..pa saya senang sekali membaca tulisan2 di blog bp…rasanya ga ada bosan2nya…terima kasih ya pak..menginspirasi🙂

  • Beni

    Untuk powerbank cari yang baterainya menggunakan Japan cell, recommended sih merk Panasonic (Panasonic sudah mengakuisisi Sanyo yang memproduksi baterai dengan merk Enelop).
    Japan cell li-ion umumnya dapat dicharge sampai dengan 500x, sementara yang menggunakan Samsung cell sekitar 300x, sedangkan cell dari pabrikan China sekitar 200x atau malah jauh di bawah itu sebelum baterai tutup usia.
    Kapasitas ideal dari powerbank adalah hanya sekitar 80 persen dari total kapasitas yang tertulis. Jangan percaya dengan powerbank yang mempunyai kapasitas besar dengan harga yg murah.

    Tips membeli powerbank: cari yang memberikan garansi penuh 1 tahun dan berlaku prinsip harga tidak pernah bohong.

    p.s: Saya bukan sales powerbank😀

  • imola.gonzalez

    saya pake power bank model engkol…jadi kudu engkol pake tangan buat ngecharge battre hape…mayan sekalian olahraga tangan…hehehe

  • mr jahe

    Saya belum butuh powerbank. Saya bukan orang penting, ponsel masih jadul dan sinyal disini lumayan oke. Beberapa hari bisa dilampau tanpa perlu mengisi ulang baterai ponsel. Tapi entah ini sesuatu yang menggembirakan atau malah menyedihkan.😛

  • juragan.sipil

    Belum butuh power bank. Tapi kalo charger-kit yang dipasang di mobil itu butuh banget.😀 Soalnya kadang hapenya dipake buat gps-an.

  • mumox

    istri saya punya… kalau saya belum penting, mungkin keberpunyaan PB berbanding lurus dengan cerewet di dunia online? Karena bertelepon dan sms sebenarnya ndak butuh banyak daya batere..

  • Emanuel Setio Dewo

    Penting banget sih, terutama saat darurat. Karena kita tidak bisa ngepasin setiap malam nge-charge.

  • Darwin Sanjaya

    memang betul apa yang disampaikan Bapak, Handphone saya juga cepat menghabiskan batere😀

  • Pengobatan Hepatitis

    belum terlalu memburuhkan power bank, soalnya jarang pake hp juga😀

  • Catatan Belajar

    Saya belum punya pak. Kenapa ya Indonesia ini menjadi lahan pemasaran yang baik bagi orang luar?

  • tya

    ia tapi saya belum punya pak.. numpang promosi blog yah,,,
    destiviolet.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: