Tag

, , , ,

Ini masih terkait dengan kebimbangan saya mau beli DSLR atau handphone yang memiliki kamera dengan kualitas bagus (seperti Samsung Galaxy S4). Saya mencoba membuat pro dan kontranya.

Keuntungan dari kamera handphone adalah kemana-mana dia kita bawa. Kita tidak perlu membuat persiapan khusus seperti halnya kalau kita mau membawa kamera DSLR. Tinggal kita kantongi, beres. Kata orang, the best camera is the one that you always carry. Handphone merupakan jawaban untuk hal ini.

Kamera handphone juga tidak terlalu intrusive. Misalnya kita berada di acara pernikahan dan ingin mengabadikan momen, maka kita tinggal rogoh kantong, ambil handphone, dan jepret. Kalau menggunakan kamera DSLR dari waktu datang kita sudah terlihat membawa tasnya. Nggak lucu kalau ke acara kawinan nenteng-nenteng kamera seperti itu. Kesannya seperti juru potret profesional saja. Kalau iya sih tidak apa-apa. Nah kebanyakan kita kan amatiran. he he he.

Membawa kamera DSLR juga repot. Kita harus melakukan pengawasan khusus. Tas kamera tidak bisa kita tinggal seenaknya. Kalau handphone, tinggal kita kantongi. Beres.

Kalau dahulu memang kualitas hasil jepretan kamera handphone sangat jauh lebih buruk dibandingkan DSLR, tetapi sekarang kamera seperti yang ada pada Samsung Galaxy S4 sudah hebat sekali.

Yang masih membuat saya condong kepada DSLR adalah kemudahannya untuk belajar manual dan juga pegangannya lebih mantap. Itu saja sih.

Jadi gimana ya?