Berkas-berkas Raksasa

Saat ini saya sedang upgrade komputer. Tepatnya upgrade notebook. Pekerjaan yang menyebalkan – tapi juga exciting – adalah memindahkan berkas dan aplikasi dari komputer lama ke komputer baru. Menyebalkan karena banyak yang harus dikerjakan. Menyenangkan karena bisa memulai dari sistem yang bersih, lepas dari “sampah-sampah” (berkas-berkas yang  tidak penting) di sistem lama.

Kesulitan yang saya hadapi adalah banyak berkas yang berukuran raksasa. Sebagai contoh, saat ini saya sedang memindahkan sebuah berkas (VM) yang berukuran 20 GBytes. Tadinya saya coba copy berkas ini ke external disk, tetapi ternyata format file system yang digunakan (NTFS?) tidak memperkenankan satu berkas berukuran raksasa. Setelah coba sana sini, akhirnya saya putuskan untuk memindahkan melalui jaringan. Nampaknya ini bisa dilakukan hanya saja dia membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu 3 1/2 jam. (Kecepatan transfernya ternyata hanya 1,7 MB/detik.)

Saya jadi teringat jaman dahulu, jaman masih menggunakan DOS (di komputer PC XT) dan CP/M (di komputer Apple ][). Berkas-berkas pada masa itu ukurannya masih kecil-kecil. Satuannya masih Kilo bytes (KB). Hi hi hi. Sekarang? Ampun deh. Raksasa sekali. Padahal fungsinya masih sama. Yang namanya word processor pada masa itu, WordStar (WS), cukup dalam satu floppy disk yang kapasitasnya hanya 1,2 MBytes.

Programmer jaman dahulu, karena dibatasi dengan ketersediaan memori yang terbatas, menghasilkan kode yang lebih efisien. Kalau sekarang, memori berlimpah. Jadi tidak ada yang tertarik untuk merampingkan kode. Begitu?

… merasa menderita dengan berkas-berkas raksasa …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

16 responses to “Berkas-berkas Raksasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: