Tag

, ,

Saya suka membaca (mendengar, menonton) biografi. Mungkin yang membuat saya senang dengan biografi adalah karena saya dapat melihat sisi lain – sisi manusia biasa – dari orang tersebut. Kadang kita hanya melihat hasil akhir – apakah itu kesuksesan atau kegagalan – dari seseorang, tetapi kita  tidak melihat perjalanannya; bagaimana dia dapat sampai ke titik itu, mengapa cara pandangnya seperti itu, dan seterusnya. Akhirnya kita dapat lebih memahami orang tersebut.

Saya jarang membaca biografi orang Indonesia karena biasanya yang ditulis di dalam biografi tersebut adalah hal yang baik-baiknya saja. Kesuksesannya saja. Justru saya ingin belajar dari kegagalannya. Itu lebih penting daripada sukses. Sukses merupakan konsekuensi dari keberhasilan mengatasi kegagalan. (Ini kata saya. he he he. Silahkan dikutip.) Nah, bagaimana dia mengatasi kegagalan tersebut? Itu yang menarik.

Dia adalah manusia biasa – seperti terkait dengan tagline dari blog ini – merupakan hal yang menarik. Bahwa orang yang terkenalpun sebetulnya dia adalah … manusia.