Suka Biografi …

Saya suka membaca (mendengar, menonton) biografi. Mungkin yang membuat saya senang dengan biografi adalah karena saya dapat melihat sisi lain – sisi manusia biasa – dari orang tersebut. Kadang kita hanya melihat hasil akhir – apakah itu kesuksesan atau kegagalan – dari seseorang, tetapi kita  tidak melihat perjalanannya; bagaimana dia dapat sampai ke titik itu, mengapa cara pandangnya seperti itu, dan seterusnya. Akhirnya kita dapat lebih memahami orang tersebut.

Saya jarang membaca biografi orang Indonesia karena biasanya yang ditulis di dalam biografi tersebut adalah hal yang baik-baiknya saja. Kesuksesannya saja. Justru saya ingin belajar dari kegagalannya. Itu lebih penting daripada sukses. Sukses merupakan konsekuensi dari keberhasilan mengatasi kegagalan. (Ini kata saya. he he he. Silahkan dikutip.) Nah, bagaimana dia mengatasi kegagalan tersebut? Itu yang menarik.

Dia adalah manusia biasa – seperti terkait dengan tagline dari blog ini – merupakan hal yang menarik. Bahwa orang yang terkenalpun sebetulnya dia adalah … manusia.

Iklan

10 pemikiran pada “Suka Biografi …

  1. Siapa penulis biografi favoritnya, mas? Saya suka gaya narasinya David McCullough. Sangat hidup dan kaya detail. Saya kira dia biografer yang paling baik yang pernah saya baca karyanya.

  2. Sayapun juga suka baca biografi dari orang2 sukses terutama di bidang yang saya geluti, kisah mereka bisa jadi inspirasi dan sekaligus sebagai guru bagi saya 🙂

  3. Bisa melihat sisi lain sosok manusia secara utuh. aku aja baru baca sedikik biografi Steve Job dan Kurt Cobain. Satu kata buat mereka, AJAIB!!!!

    Salam Kenal Budi rahardjo

  4. yang berkesan buat saya kalau baca biografi adalah mengetahui jalan tokoh dalam biografi mencapai kesuksesannya, how to become him/her jadi refrensi buat kita mencapai apa yang kta ingin juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s