Merdeka

Apa sih yang disebut “merdeka”? Konsep “kemerdekaan” sudah kabur. Blur. Gak kebayang.

Untuk membayangkan dan mengapresiasi apa yang disebut merdeka, perlu kita coba resapi apa yang disebut “terjajah”. Bagi Muslimah yang ingin mengenakan jilbab/hijab, yang disebut kemerdekaan adalah boleh mengenakannya. Negara kita sempat mengalami jaman terjajah, yang mana untuk sekolah / kerja / dan sejenisnya tidak diperkenankan menggunakan jilbab. Itu yang namanya terjajah.

Bagi yang mau sekolah, Anda tidak boleh sekolah. Anda hanya boleh berdiri di depan pagar karena sekolahan hanya boleh untuk penjajah. Maaf, Anda sebagai bangsa yang terjajah tidak punya hak.

Bagi yang ingin menyuarakan opininya – seperti melalui blog ini – maka Anda tidak diperkenankan. Mulut Anda dibungkam. Anda harus meminta ijin penjajah untuk berbicara. Jika Anda melanggar hal ini, maka penjara adalah ganjarannya.

Maka, hargailah kemerdekaan ini wahai warga negara Indonesia. Merdeka!

Iklan

10 pemikiran pada “Merdeka

  1. Alhamdulillah, saya menghirup udara kemerdeka an sejak lahir, tanpa perlu memanggul senjata. Tugas sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan tinta emas dan akses internet, ngeblog (eh.. .)

  2. Sudah sepantasnya kita menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur demi bangsa ini.

    Banyak cara untuk mengisi kemerdekaan, sayangnya, para kaum anak muda sekarang sudah begitu terlena dengan kehidupan dunia tanpa memerhatikan gigihnya para pejuang Indonesia dulu.

  3. Iya pa, arti merdeka udah blur. Di tv2, perayaan hanya sebatas seremonial, apalagi acara musik2 yg tayang pagi2, kok hanya itu ya merdeka itu. Sadarilah kita masih harus memerdekakan diri dari penjajahan ekonomi, korupsi, kolusi, nepotisme. Bahkan kita harus merdeka dari budaya2 luar yang merusak moral anak2 negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s