(terlalu membesar-besarkan) Nama Domain

Saat ini banyak orang yang masih terlalu membesar-besarkan nama domain. Mereka masih mencari-cari nama domain yang cantik. Lupa padahal yang lebih penting adalah layanan bisnis yang baik. (Kecuali memang bisnisnya adalah jual beli nama domain, para pencari traffic, atau SEO. he he he. Kalau ini lain cerita.)

Mengapa nama domain yang cantik tidak lagi sepenting dahulu? Pertama karena kebanyakan orang memulai dari search engine. Jarang orang yang mengingat-ingat nama, kecuali tempat-tempat yang sering dikunjungi – seperti Google, Yahoo, dan sejenisnya. Untuk sebuah namapun kita bisa mengingat sebagian kecil (partial) dari nama dan kemudian menggunakan search engine untuk mencarinya.

Sebetulnya kita juga dapat melihat fenomena ini dari nomor cantik handphone. Sekarang hal ini tidak sehebat dulu lagi. Pasalnya, sudah terlalu banyak orang yang menggunakan handphone. Semua kenalan kita menggunakan handphone. Mosok kita harus mengingat-ingat 100 nomor cantik? he he he. Untuk kasus ini, kita menggunakan address book, contact list, atau apapun namanya yang pada prinsipnya adalah phone book.

Jadi, kedua, dia menjadi tidak terlalu penting karena sudah terlalu banyak alamat (layanan) di internet. Sama seperti kasus nomor cantik handphone.

Nama domain itu sesungguhnya adalah mirip dengan nama jalan. Selama nama jalan itu wajar-wajar saja, cukup. Semestinya orang datang ke toko kita karena layanannya, bukan karena nama jalannya bukan? Saya melihat gadget di bhinneka.com bukan karena namanya tetapi karena layanannya.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

25 responses to “(terlalu membesar-besarkan) Nama Domain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: