Tag

,

Judulnya membingungkan. Biarlah. Ini kisah saya menghadapi kenyataan bahwa dunia maya Indonesia masih kehilangan kepercayaan dari pelaku bisnis di dunia.

Ceritanya saya ingin memperpanjang nama domain yang saya gunakan. Kebetulan saya menggunakan jasa Power Pipe, yang berlokasi di luar negeri. Setelah mengakses situs webnya dan memilih renew, maka saya siap mebayar dengan menggunakan kartu kredit. Ternyata di bagian akhir proses pembayaran saya dicegat! Pesannya kira-kira adalah nomor IP saya tidak diijinkan melakukan transaksi. Ah, saya baru sadar bahwa transaksi menggunakan kartu kredit dari Indonesia masih dianggap sebagai berisiko. Terlalu banyak fraud.

Salah satu cara yang dapat saya lakukan adalah minta bantuan orang lain yang berada di luar Indonesia untuk melakukan pembayarannya. Tapi cara ini bikin ribet orang lain. Saya ingin melakukannya sendiri. Saya harus mencari cara agar nomor IP saya tidak berasal dari Indonesia.

Salah satu caranya adalah menggunakan proxy yang berada di luar negeri. Setelah mencoba beberapa free proxy di luar negeri ternyata masih belum berhasil. Ada yang berhasil sampai saya masuk ke account saya tetapi ketika pada halaman pembayaran juga bermasalah. Akhirnya saya tuliskan pertanyaan di status Facebook saya. Ada beberapa jawaban.

Salah satu cara yang diusulkan adalah menggunakan layanan VPN. Akhirnya saya coba layanan dari vpngate.net. Di sana ada instruksinya. Saya ikuti instruksinya dengan mengaktifkan VPN (L2TP) di Macbook saya kemudian mencari gateway yang mendukung L2TP. Berhasil! Transaksi dapat saya lakukan. Semoga bermanfaat.