Haruskah Menggunakan Twitter

Semalam saya mendengarkan obrolan di radio tentang penggunakan twitter di pemerintahan. Semua kantor harus memiliki twitter. Saya punya pendapat yang campur aduk tentang hal ini. (I have a mixed feeling about this.)

Di satu sisi, sebagai orang IT, tentu saja saya senang IT dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, penggunaan teknologi tanpa diajari dapat menjadi bumerang. Ada banyak masalah yang akan dihadapi, mulai dari masalah teknis sampai kepada masalah etika.

Di berbagai kesempatan saya menceritakan bagaimana ada banyak masalah etika dalam penggunaan handphone saat ini. Ini karena sebagian besar orang beranggapan bahwa penggunaan handphone tidak perlu diajarkan. Kasih handphone, langsung bisa.

Saya ambil contoh. Mengapa kita tidak boleh mengirimkan SMS dalam huruf besar semua? Bayangkan kalau ada mahasiswa saya yang mengirim SMS seperti ini:

PAK SAYA MAU KETEMU BAPAK!

Sudah begitu, ngirimnya jam 1 malam. Menurut Anda, sebaiknya apa jawaban saya? he he he.

Demikian pula dengan twitter dan aplikasi IT lainnya. Perlu diajarkan dengan baik dan benar. Nanti belum apa-apa akan mengeluh karean di-bully2. he he he. Maklum, masyarakat suka seenaknya kalau menggunakan media sosial. Kita harus mengajari masyarakat (dan kita-kita juga) untuk sopan santun, beretika, dalam menggunakan media sosial. Ini ada media publik. Wogh …

Untuk soal teknis, ada banyak kekhawatiran. Layanan ini sangat bergantung kepada penyedia jasa di luar negeri. Untuk aplikasi pemerintahan, sebaiknya hal semacam ini dikurangi. Nanti mereka yang paling mengetahui kondisi kita dengan menggunakan data mining dan business intel :)  Belum lagi nanti masalah spoofing, dll.

Satu hal yang perlu didukung adalah semangatnya untuk menjadikan layanan lebih baik. Ini menurut saya harus didukung. Mari kita gunakan twitter dengan baik dan benar.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

7 responses to “Haruskah Menggunakan Twitter

Tinggalkan Balasan

