Haruskah Menggunakan Twitter

Semalam saya mendengarkan obrolan di radio tentang penggunakan twitter di pemerintahan. Semua kantor harus memiliki twitter. Saya punya pendapat yang campur aduk tentang hal ini. (I have a mixed feeling about this.)

Di satu sisi, sebagai orang IT, tentu saja saya senang IT dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, penggunaan teknologi tanpa diajari dapat menjadi bumerang. Ada banyak masalah yang akan dihadapi, mulai dari masalah teknis sampai kepada masalah etika.

Di berbagai kesempatan saya menceritakan bagaimana ada banyak masalah etika dalam penggunaan handphone saat ini. Ini karena sebagian besar orang beranggapan bahwa penggunaan handphone tidak perlu diajarkan. Kasih handphone, langsung bisa.

Saya ambil contoh. Mengapa kita tidak boleh mengirimkan SMS dalam huruf besar semua? Bayangkan kalau ada mahasiswa saya yang mengirim SMS seperti ini:

PAK SAYA MAU KETEMU BAPAK!

Sudah begitu, ngirimnya jam 1 malam. Menurut Anda, sebaiknya apa jawaban saya? he he he.

Demikian pula dengan twitter dan aplikasi IT lainnya. Perlu diajarkan dengan baik dan benar. Nanti belum apa-apa akan mengeluh karean di-bully2. he he he. Maklum, masyarakat suka seenaknya kalau menggunakan media sosial. Kita harus mengajari masyarakat (dan kita-kita juga) untuk sopan santun, beretika, dalam menggunakan media sosial. Ini ada media publik. Wogh …

Untuk soal teknis, ada banyak kekhawatiran. Layanan ini sangat bergantung kepada penyedia jasa di luar negeri. Untuk aplikasi pemerintahan, sebaiknya hal semacam ini dikurangi. Nanti mereka yang paling mengetahui kondisi kita dengan menggunakan data mining dan business intel 🙂  Belum lagi nanti masalah spoofing, dll.

Satu hal yang perlu didukung adalah semangatnya untuk menjadikan layanan lebih baik. Ini menurut saya harus didukung. Mari kita gunakan twitter dengan baik dan benar.

Iklan

7 pemikiran pada “Haruskah Menggunakan Twitter

  1. Namanya asesuatu, seperti twitter ini, pasti ada plus minusnya. Sayah salah satu penggunannya dan setuju banget dg statement terakhir ini : Mari gunakan twitter dg baik dan benar…

    Salam sesama warga twitterland Pa…
    @tiktwit

  2. Mas Budi tdk ikut masuk ke salah satu pokja-nya Emil ? Misal Pokja IT untuk Pemerintah atau Pokja Industri Kreatif /Start-up.

  3. Kalau ada anak negeri yg bikin sosial media yg bagus, ada yg mau make ga ya? Jadi ingat inisiatif Pak Onno untuk membuat server email dan milis dalam negeri, kayaknya nasibnya lumayan miris.

  4. sesuatu yang baru itu memang sulit diterima. twitter media sosial yg baik jika dipergunakan dengan baik pula. semoga bangsa ini produktif dalam memakai media sosial. Salam kenal dari seputarti.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s