Mau Menulis Saja Belum Cukup

Sudah beberapa hari ini saya mau menulis tetapi belum berhasil. Ada banyak ide yang mau ditulis tetapi ternyata untuk menulis itu butuh kerja keras di bagian risetnya. Jadi hanya sekedar “mau” saja ternyata belum cukup.

Contohnya begini. Sudah lama saya ingin menulis tentang album the Beatles yang berjudul Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Album ini sering dikatakan menjadi pemicu berbagai karya musisi lainnya. Bahkan ada beberapa tulisan yang mengatakan album-album musik progressive rock banyak yang diilhami oleh album ini. Album ini pun dapat dikategorikan progressive rock. Intinya itu saja, tetapi untuk bercerita lebih lanjut semestinya saya tambahkan dengan cerita, data, fakta, bumbu-bumbu lainnya. Kalau tidak begitu, pembaca akan tidak tertarik. Nah, untuk mencari tambahannya inilah yang membutuhkan upaya lebih banyak lagi.

Itu baru satu contoh. Di kepala saya ini ada banyak ide-ide lain yang seperti itu, ingin dituliskan tapi masih membutuhkan riset. Akhirnya, ide tetap menjadi ide saja. Wah.

Iklan

10 pemikiran pada “Mau Menulis Saja Belum Cukup

  1. Bagusnya direalisasikan dalam bentuk tulisan, nah tergantung sampeyan mendisiplinkan diri. Kalau umpamanya target sehari 2 jam nulis maka harus 2 jam nulis. Kalau hari ini gagal maka besoknya jadi 4 jam. Kalau hari ini bisanya 1 jam maka besoknya 3 jam. Gitu terus. Awalnya kepaksa lama-lama terbiasa dan ketagihan. Coba saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s