Ketergantungan Kepada Amerika

Saya baru sadar (setelah melihat status facebook) bahwa ada banyak layanan pemerintah Amerika Serikat yang tidak dapat diakses gara-gara pemerintah Amerika sedang mengalami krisis budget. Kantor-kantor pemerintahan mereka tutup. Yang aneh adalah web site beberapa layanan juga tutup. Salah satunya adalah web site NIST (National Institute of Standards and Technology) – badan standarisasinya Amerika.

NIST down

Mengerikan sekali. Padahal dua minggu lalu saya menugaskan mahasiswa saya untuk menggunakan standar yang dikeluarkan oleh mereka (SP 800-30) dengan cara mengunduh (download) berkasnya dari mereka. Hadoh. Coba saja kalau tugasnya baru sekarang, mereka bakalan kocar-kacir mencari dokumen itu.

Ini baru kasus yang akibatnya hanya tidak menyenangkan (annoying). Bayangkan kalau ada hal-hal lain yang akibatnya lebih parah, misalnya layanan kita tidak jalan. Bayangkan kalau Verisign, tiba-tiba diberangus oleh pemerintah Amerika Serikan sehingga kita tidak dapat menggunakan layanan sertifikat digitalnya. Atau, bagaimana jika otoritas pengelola domain, ICANN, juga dipaksa berhenti memberikan layanan. Hancurlah kita semua.

Nampaknya harus kita teliti ulang, apa-apa yang membuat kita tergantung kepada Amerika Serikat. Ini bagian dari kegiatan National Critical Infrastructure Protection.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

18 responses to “Ketergantungan Kepada Amerika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: