Ketergantungan Kepada Amerika

Saya baru sadar (setelah melihat status facebook) bahwa ada banyak layanan pemerintah Amerika Serikat yang tidak dapat diakses gara-gara pemerintah Amerika sedang mengalami krisis budget. Kantor-kantor pemerintahan mereka tutup. Yang aneh adalah web site beberapa layanan juga tutup. Salah satunya adalah web site NIST (National Institute of Standards and Technology) – badan standarisasinya Amerika.

NIST down

Mengerikan sekali. Padahal dua minggu lalu saya menugaskan mahasiswa saya untuk menggunakan standar yang dikeluarkan oleh mereka (SP 800-30) dengan cara mengunduh (download) berkasnya dari mereka. Hadoh. Coba saja kalau tugasnya baru sekarang, mereka bakalan kocar-kacir mencari dokumen itu.

Ini baru kasus yang akibatnya hanya tidak menyenangkan (annoying). Bayangkan kalau ada hal-hal lain yang akibatnya lebih parah, misalnya layanan kita tidak jalan. Bayangkan kalau Verisign, tiba-tiba diberangus oleh pemerintah Amerika Serikan sehingga kita tidak dapat menggunakan layanan sertifikat digitalnya. Atau, bagaimana jika otoritas pengelola domain, ICANN, juga dipaksa berhenti memberikan layanan. Hancurlah kita semua.

Nampaknya harus kita teliti ulang, apa-apa yang membuat kita tergantung kepada Amerika Serikat. Ini bagian dari kegiatan National Critical Infrastructure Protection.

Iklan

18 pemikiran pada “Ketergantungan Kepada Amerika

  1. Facebook, Blogspot, WordPress, Twitter, Google+Gmail jangan lupa dimasukkan sebagai bagian National Critical Infrastructure Protection !!

  2. Sayang sekali jika group-group fb instansi pemerintah kadang-kadang mengulas tema-tema yang sensitif, sehingga pihak asing tidak perlu menerjunkan agen spionase untuk mematai-matai pemerintahan kita. Secara sukarela sudah kita yang mengerjakannya 😀

  3. Wah iya aku buka gabisa. Sama kayak websitenya NASA pas aku coba juga yang keluar cuma notification kalo website mereka lagi ditutup. Ngeri banget deh :/

  4. Kalau sudah seperti ini, sepertinya rahard.wordpress.com perlu migrasi ke rahard.wordpress.co.id :-).

  5. beberapa hari lalu baca tentang Obama ngga jadi ke malaysia karena krisis ekonomi di AS, sebenarnya ini jadi momentum yg baik untuk indonesia buat nyoba ambil ahli cuma mampu ngga ya kalo kita gantiin AS melihat para pejabat kita yang….

    btw yang lagi cari rumah minimalis yang depannya langsung danau bisa banget ke sini nih http://www.citralakesawangan.com/?p=1405 🙂

  6. bukan krisis budget Pak Bud,

    Budget approval mandeg karena 2 partai gak saling setuju di kongres soal Obamacare

    Di Indo itu kayak APBN nya gitu lah

    Aturan nya budget gak bisa dipake kalo belum di approve, padahal budget nya ada

    yang kena impact ya badan pemerintah yang pakai budget itu, tapi pemerintah state tetep jalan….

    Jadi tiap state itu kayak negara sendiri sendiri aja… yang stop itu pemerintah federal

  7. Indonesia walau sulit akan tetapi bisa untuk lepas dari belenggu ketergantungan kepada Paman Sam, cara yang paling manjur adalah sikap tegas pemerintah dan dibarengi dengan pemerintahan yg bersih dari korupsi. karena korupsi adalah biang kerok indonesia mengalami dependen kepada Paman Sam.

    sarjoni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s