Kuliah dan T-shirt

Sedang ada diskusi di sebuah mailing list yang saya ikuti. Topiknya adalah seputar peraturan perkuliahan. Salah satunya adalah mengenai pakaian mahasiswa. Mahasiswa tidak boleh kuliah dengan menggunakan T-shirt. Hah???

Kenapa tidak boleh? Saya termasuk yang tidak setuju dengan aturan ini. Menurut saya aturannya cukup dengan mahasiswa diharuskan menggunakan pakaian yang sopan dan rapi. Itu saja. Mahasiswa bukan anak-anak yang harus diatur sampai ke hal-hal sekecil itu. (Ataukah harus?) Mahasiswa harus dapat menempatkan diri, kapan boleh menggunakan T-shirt dan kapan tidak. Kalau sedang wawancara untuk rekrutmen, misalnya, ya tentunya salah sendiri kalau tidak mendapat kesempatan karena menggunakan T-shirt. Kalau kuliah, saya tidak ada masalah dengan menggunakan T-shirt.

Bagaimana dengan kampus Anda? Pendapat Anda?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

24 responses to “Kuliah dan T-shirt

  • gian

    Di kampus saya (Faperta-FTIP UnPad) tidak masalah pake t-shirt, tapi saya yang pake kemeja terus, faktor kebiasaan😀

  • lazione budy

    Di kampus saya (doeloe) — berasa udah tua ya. Hiks. Boleh mengenakan T-shirt, Jadi ajang ekspresi malah. Ada yg pakai baju bola, baju dagadu sampai baju film. Macem macem lah, asal sopan aja, jangan pakai tank-t** maksudnya.
    😀

  • estananto

    Istri saya dosen Polman pernah menerapkan aturan seperti di Jerman, mahasiswa boleh bawa minum dalam kelas. Tapi ternyata di Indonesia nggak boleh ya pak?
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  • mahisaajy

    beruntung, kampus saya mengizinkan mahasiswanya menggunakan pakaian sebebas-bebasnya. oia, tapi masih dalam batas normal, loh. hehe.

  • Made Raka

    kalau saya sih ga setuju nya kenapa harus di atur-atur seperti itu, mahasiswa kan udah gede ya? jadi mereka tau sendirilah kapan pake t-shirt dan kapan pake kemeja.

  • fery

    Dosen saya dulu pak pas TPB malah ngomong “klo kalian pake singlet saya jg gk peduli”.😀

  • iffata

    Di kampus tempat ifah ngajar, malah bukan cuma cara berpakaian mahasiswa yg diatur, Pak, tapi jg cara berpakaian dosennya ^_^ Walhasil, setiap ke kampus, seperti sedang melihat fashion show gratis b^.^d

  • Budiono

    di ITS juga ndak boleh, dan saya termasuk yang gak setuju dg larangan itu. Tapi saya sendiri selalu pakai kemeja. Rasanya aneh ke kampus pake kaos oblong :d

  • niafebrianti86

    Kalo liat dari sisi perguruan tingginya sih wajar2 aja aturan gitu, tujuannya maybe mempertahankan prestise. biar rapi n enak diliat gitu mungkin. Lagian, aturan itu juga mungkin mencoba membiasakan mahasiswanya dlm kebiasaan dunia kerja (sudut pandang lain)🙂

  • ridwan

    aneh.. yang penting otaknya.. bukan pakaiannya… hahah

  • Titik Asa

    Huadeuh… Zaman saya kuliah, t-shirt pakean wajib saya. Ringkas, simple, memberikan keleluasaan gerak.
    Yg penting rapi dan sopan, waktu kuliah kan waktu yg kita memiliki kebebasan. T-shirt salah satu pakaian yg mewakilinya.
    Mending bikin aturan yg lain ajah deh yg lebih berarti penting bagi masa depan sang mahasiswa…

    Salam,

  • fanani

    coba bikin aturan bagaimana caranya mahasiswa tersebut bisa lebih kreatif dan inovatif, mungkin itu lebih terasa manfaatnya daripada mengatur cara berpakaian.

  • bocah petualang

    Di kampus UTM ga boleh Pak tapi pelaksanaannya di kelas tetap tergantung pada sang dosen. Saya termasuk yg sering ke kampus pakai t-shirt.

  • Dewie Zul

    Biar lebih kereen, khan jadi enak dilihat juga..

  • afan

    Kalau unutk jurusan yang bersifat kreatif saya kira gak masalah pak seperti seni dan konco2nya. tapi bila jurusan yang mengharuskan bertemu dengan pihak eksternal semacam ilmu komunikasi, HI, teknik saya rasa perlu memakai kemeja. dalam artian membiasakan diri untuk tampil secara pantas..

  • A. W. Pribadi

    Kalo di kampus saya (FK) tidak boleh pake tshirt pak.. klo shirt boleh,termasuk pake kemeja/kaus berkerah (polo). Bawahan juga ga boleh pake jeans.
    Katanya tujuannya untuk mendidik profesionalisme pak..

    Konon katanya pasien2 nanti ga akan mau diperiksa sama dokter yg pake tshirt+jeans saat praktek.. hehe. Benar kah,pak?

  • Muhammad Bakri

    Klo menurut saya, mahasiswa di beberapa fakultas memang harus mengenakan kemeja/kaos berkerah. Seperti kuliah di fakultas hukum. Kan gak ada tuh hakim atau advokat yang pakai kaos oblong. Tetapi untuk fakultas teknik saya rasa tidak perlu mempermasalahkan pakai kaos oblong atau tidak. Saya termasuk tidak setuju dengan aturan baju. Cuma tempat saya bekerja bukan hanya mahasiswa punya aturan berpakaian, tetapi dosen pria saja harus mengenakan kemeja lengan panjang dan berdasi. Mau tidak mau ya harus mengikuti aturan sih.

  • mr jahe

    Hmmm… *sedang mengingat-ingat peraturan kuliah jaman baheula*

    Saya ingat dulu pernah disuruh pinjam sepatu oleh pengawas karena (ketahuan) menggunakan sandal ketika UAS.

    Peraturan cara berpakaian secara detail tidak penting banget. Namanya belajar kan butuh kenyamanan toh. Kalau kelasnya ber-AC, okelah peraturan berkemeja. Tapi kalau kelasnya panas kayak di Unpad, kaos adalah pilihan yang nyaman. Peraturan kayak begini tidak mendukung kegiatan belajar mahasiswa.

  • agnazgeograph

    boleh saja, asal tidak memakai kaos yang gambarnya mengandung pelecehan terhadap unsur SARA….tapi karen saya dulu kuliah di keguruan, jd harus pakai kemeja, pembiasaan kali ….

  • mumox

    saya malah pakai batik pak.. disesuaikan dengan umur🙂

  • chandra

    setujuuuu, saya paling nyaman pakai tshirt, di luar itu mahasiswa sudah bukan untuk diingatkan lagi, salam
    Chandra

  • anang suhariawan

    kalau kampus ane, belum ada aturan seperti itu….

  • kursus pertambangan

    Tergantung dosennya ini mah. Ada yang cuek tu mahasiswa mo pake baju apa. Ada juga yang gak ngizinin masuk kelas karena pake kaos t-shirt

  • Lagi-lagi Si-agus

    Dikampus saya ga boleh tuh yg namanya paka T-Shirt bisa” di KILL ntar sama dosennya, Lantas bagaimana nasib mahasiswa yg serba kekurangan seperti saya ini, punya kemeja aja bisa di itung pake jari …
    kebanyakan sih punya kaos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: