Disk Macbook Crashed

Senin sore kemarin saya sudah bersiap-siap untuk mengajar. Macbook sudah hidup dan saya mulai memasang kabel sambungan ke proyektor LCD. Kabel penyambung tersebut nampaknya sudah bermasalah karena beberapa warna hilang. Saya goyangkan kabelnya dan warna menjadi tampak bagus. Hanya saja tampilan di Mac saya agak bermasalah. Untuk memperbaikinya, saya pikir sebaiknya saya restart Mac ini.

Restart. Lama saya menunggu kok Mac ini tidak restart saja. Setelah menunggu lama, terpaksa saya power off dengan menekan tombol power. Setelah itu saya nyalakan lagi. Ternyata, dia tidak mau menyala. Setelah layar putih beberapa lama, muncul gambar “Folder” dengan tanda tanya di dalamnya. Mac tidak bisa boot.

Kelas akhirnya saya lakukan dengan meminjam notebook dari mahasiswa. Untungnya materi kuliah saya sudah saya upload ke internet, sehingga saya bisa memberikan kuliah setelah download materi kuliahnya. (Itulah sebabnya saya menyarankan dosen-dosen untuk menyediakan materi kuliahnya secara online.) Hanya saja, batre notebook mahasiswa ini tidak penuh sehingga nantinya menjelang akhir kuliah notebooknya shutdown. Entah kenapa mahasiswa yang bawa notebook di kelas ini tidak bawa charger-nya.

Sampai di rumah saya oprek Macbook ini. Tidak bisa. Akhirnya saya coba menekan kunci “option” dan “R” ketika menyalakan Macbook. Di layar muncul opsi untuk memilih network. Saya pilih network kami. Ternyata dia mencoba download sebuah aplikasi. Saya coba. Setelah 1 jam 30 menit akhirnya layar Macbook tampil. Ada opsi untuk restore (dari Time Machine), install OS Mac Lion, dan program Disk Utility. Saya gunakan Disk Utility untuk mencari harddisk internal. Tidak ketemu. Nampaknya memang disknya yang tewas. Kemudian saya lanjutkan dengan melakukan restore ke external disk (untuk punya disak yang nganggur). Dua jam kemudian Macbook saya nyala dengan disk external. Artinya Macbooknya sendiri tidak masalah. Disknya yang masalah. Waktunya ke toko …

Iklan

9 pemikiran pada “Disk Macbook Crashed

  1. salam kenal pa budi,

    nama saya dwi. saya mahasiswa program magister teknik industri ITB, saat ini saya sedang meneliti tentang klaster industri telematika di bandung.
    saya mau tanya, kemana saya harus menghubungi untuk meminta data anggota komunitas bandung high tech valley?

    terimakasih sebelumnya

  2. Assallammualaikum Bang Budi..lama ga maen kesini nih..hee..apa kabarnya Bang moga sehat bersama keluarga ya Bang..o ya kalo ketoko bakalan keluar duit lagi tuh bang…wkwkwkwk.

  3. Benar sekali pak dan memang metodenya memang harus diganti dengan online baik itu pembelajaran, tapi takutnya malah mahasiswanya juga gak menyimak pak dan malah online yang tidak jelas.. 😀

  4. Sayang di Jakarta/Bandung belum ada Apple Store
    Nyaman sekali service Apple Store ini….

    Hari ini baru saja dari Apple Store, complain karena si iPhone saya agak kurang enak home button nya

    eh…langsung diganti iPhone baru, gratis lagi, karena masih dalam garansi

    Macbook Air saya alhamdulillah belum ada problem, tapi kalo ada problem tinggal dibawa ke Apple Store, kalau masih dalam garansi diganti baru juga nih hehe

    Mudah2an Apple Store cepat datang ke Jakarta/Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s