Tag

, ,

Ada sebuah keinginan saya untuk mengajari pop culture kepada mahasiswa saya. Setidaknya saya ingin mahasiswa saya melek terhadapa kultur di luar Indonesia. Bukan untuk menerima kultur dari luar tersebut, tetapi sekedar melek saja.

Salah satu cara untuk mempelajari hal ini adalah dengan melihat acara TV yang menjadi populer di luar negeri. Maka tadi sore saya memutar satu film dari Fresh Prince of Bell Air, yang bintangnya adalah Will Smith. Saya pilih ini karena mahasiswa mengenal Will Smith. Hanya saja mereka mengenal Will setelah menjadi bintang film yang populer, yang keren. Kalau di dalam film seri Fresh Prince itu Will Smith masih mudah dan masih culun. he he he. Hal lain mengapa saya pilih seri ini adalah karena lucu.

Kita dapat belajar banyak hal dari lawakan karena lawakan sangat sarat dengan kultur setempat selain bahasa yang digunakan tentunya. Kalau kita tidak mengerti konteksnya, ada banyak hal yang menjadi tidak lucu. Kalau kita dapat tertawa karena sebuah lelucon, maka kita dapat dikatakan sedikit memahami bahasa dan kultur / konteks dari pelawak tersebut. Saya sendiri belajar Bahasa Inggris melalui lelucon dalam bahasa Inggris, yang umumnya berbentuk standup comedian. (Maka dari itu sedikit banyak cara presentasi saya juga mengikuti pakem ini. he he he.)

Lumayanlah tadi bisa ketawa-ketiwi di kuliah. Maklum, kuliah sudah sore dan sudah lelah. Lebih baik kita tertawa dan nilai kuliah tetap bagus. Bukankah begitu?