Masih Perlukah Kartu Nama Kertas?

Setiap ada acara pasti ada pertukaran kartu nama. Anda apakan kartu nama yang Anda terima?

Terus terang, untuk saya, kartu nama itu langsung masuk ke kotak – tidak saya buang – dan tidak pernah saya sentuh lagi. Idenya sih siapa tahu kalau nanti dibutuhkan bisa saya kontak lagi via kartu nama tersebut, tetapi pada kenyataannya seringkali orang sudah pindah perusahaan sehingga kartu nama tersebut menjadi tidak relevan lagi. Lagi pula saya terima sangat banyak kartu nama karena saya sering memberikan presentasi, ikut pertemuan / rapat ini dan itu. Dalam satu kali pertemuan mungkin dapat 20 kartu nama dan dalam satu minggu mungkin ada 2 kalai pertemuan. Jadi dalam satu bulan mungkin ada sekitar 100 kartu nama. Nah.

Jaman digital seperti ini mengapa kita tidak menggunakan kartu nama digital saja ya? Tinggal kita “tempelkan” handphone kita dengan handphone pihak lain untuk bertukar kartu nama. Semestinya tidak susahkan?

Saya sendiri saat ini jarang membawa kartu nama. Akhirnya yang sering dilakukan adalah tukar menukar nomor handphone dan alamat email pribadi (yang tidak terikat dengan perusahaan atau instansi). Cukup dengan itu saja.

Jadi, masih perlukah kartu nama kertas?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

17 responses to “Masih Perlukah Kartu Nama Kertas?

  • Yeni Setiawan

    Saya akhirnya membuat kartu nama, hanya gara-gara setiap pertemuan pada minta kartu nama. Undian doorprize juga menggunakan kartu nama, padahal panitia biasanya sudah punya daftar hadir peserta pertemuan.

  • Sharon Loh

    Wah pak, saya baru saja selesai print kartu nama. Entah kenapa saya menjadi lebih ingat dengan “teman baru” yang kenalannya pakai kartu nama daripada yang tidak. Jadinya ikut-ikutan bikin deh.

  • erwinb

    idenya boleh juga tuch pak. pake QR code

  • lutfianasari

    pake aplikasi smartphone yang bs untuk nge-scan kartu nama kertas, Pak😀
    kartu nama tinggal di-scan dan otomatis yg keluar nama, telpon, email, dll.. dan bs langsung dimasukkan phonebook hp.
    tp sy lupa aplikasinya iphone apa android ya dulu.. cm liat di tv ada acara pengenalan aplikasi2 yg convenient u/ khidupan sehari2😛

  • Rohmad

    Sama Pak. Sudah tahunan saya tidak cetak kartu nama. Mungkin karena saya tidak begitu butuh, justru orang lain yang merasa perlu ngasih kartu nama ke saya. Soalnya saya ini end user, dan orang lain yang merasa perlu ngasih kartu nama itu para vendor🙂

  • Budi Rahardjo

    Saya sebetulnya juga *tidak ingin* memasukkan setiap orang yang memberikan kartu namanya ke saya ke dalam handphone saja. Kalau semuanya saya masukkan, wah bisa belasan ribu entry yg ada dan bakalan susah searchnya

  • lazione budy

    masih perlu, tuh di laci meja banyak kartu nama.
    saya juga punya kartu nama.

    se-digital sekarang, kartu nama tetap berguna seperti saat kita tiba-tiba ga bawa hp/hp hilang/komputer nge-hang.

    be safe!

  • kraukraukdi

    Menurut Saya kartu nama kertas masih perlu pak. Pada kenyataannya di konferensi atau acara IT yang saya hadiri, jarang sekali ada orang yang menawarkan bertukar kartu nama digital atau kontak HP. Apalagi tak semua HP punya aplikasi yang sama untuk bertukar kartu nama digital.

  • Aldi Rahman Untoro

    Sebetulnya tidak perlu untuk kartu nama menggunakan kertas, tapi kalo buat pak Budi, lebih baik kartu nama kertas, soalnya kalo disimpan di hp dan email nanti kepenuhan🙂

  • Imam Hidayat

    Masalahnya belum semua handphone pak yang bisa bertukar data begitu. NFC masih jarang sepertinya, hehe. Tapi kalau saya, tiap dapat kartu nama, saya salin di daftar kontak saya di Gmail, jadi kalau pun dibutuhkan lagi tinggal search saja.😀

  • semarismaya

    sepertinya memang sudah tidak perlu lagi pak. sekarang sudah jaman digital dan jaman green. biar mengurangi sampah juga😀

  • Rani Widya

    Buat basa-basi Pak. Nyodorin kartu nama itu ice breaking yg paling mudah di lingkungan orang2 yang gak begitu kita kenal (misalnya di seminar)

  • sourandsugar

    Kayaknya kalau Google Contact ada aplikasi langsung untuk tukar QR code, oke juga tuh. Atau di feature LinkedIn bisa langsung tukeran profil, dengan scan barcode. Eh, atau sebenernya sudah ada belum ya?

  • John Might

    Seharusnya ada alat tersendiri untuk dapat menggantikan kartu nama kertas, atau mungkin semua perusahaan handphone harus dapat memberikan solusi ini.

  • nandito silaen

    Menurut saya sih ada pentingnya jga. Terkadang orang yg baru kenal minta kartu nama kita, biar tau posisi kita sebagai apa # walau gak penting posisi#. Nah itu yg rata2 saya liat dr customer saya. Hahahaha

  • Dherra Amalia

    Bapak, apakah Bapak masih menyimpan kartu nama kartu nama yg jumlahnya banyak tersebut? Kalau bingung mau diapakan, buat saya saja, Pak. Hehehe. Kebetulan saya mengoleksi kartu nama dari umur 7 tahun sampai umur saya sekarang 23 tahun, sekarang baru sekitar 700an lebih lembar kartu nama. Apa bisa, Pak?

  • Krisna

    Saya malah kepengin buat kartu nama yang dilengkapi QR code, jadi nanti cukup di foto aja no hp, pin BBM, alamat email, dan url blog saya langsung tersimpan di kontak HPnya. Kira2 sudah ada belum ya yang make itu? Kalo ada kepengin sekali saya bikin.

Tinggalkan Balasan

