Tag

, ,

Nampaknya semua orang sedang panik sibuk kejar tayang akhir tahun. Banyak program kegiatan yang harus dilaksanakan terkait dengan rancangan kegiatan tahun 2013. Yang lebih banyak adalah kegiatan untuk menghabiskan budget! He he he. Anda mungkin termasuk kategori itu ya? hi hi hi. (Ingin rasanya membuat tulisan yang membahas tentang kacaunya perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan keuangan untuk berbagai kegiatan ini.) Eh, kalau di luar negeri apa masalah kejar tayang seperti kita tidak ya?

Saya sendiri juga punya program kejar tayang terkait dengan perkuliahan. Semua topik yang belum sempat diajarkan di kelas terpaksa ditugaskan untuk dipelajari sendiri oleh mahasiswa. Nah, mahasiswa yang ketiban pulung dijejali materi-materi dari semua dosen. (Nasib. Kalau kata orang Sunda, wayahna … he he he.) Yang harus saya kerjakan juga adalah menilai UTS kemarin (untuk memperkirakan keberhasilan / kegagalan mahasiswa) dan menyiapkan materi UAS. Hadoh.

Banyak orang yang mengira mengajar kuliah itu gampang. Kalau sekedar nongol di kelas sih gampang, tetapi sesungguhnya ada hal-hal lain yang membutuhkan kerja keras. Membuat soal. memeriksa hasil ujian, dan kemudian memberi nilai itulah yang paling melelahkan dari tugas mengajar. Percayalah ini tidak mudah. (Oleh karena maka dari itu … pikir-pikir dulu kalau mau jadi guru atau dosen.)

Mari kita kejar-kejaran …