Tag

, ,

Tulisan ini dibuat karena judulnya terlalu keren untuk dilewatkan, tidak dijadikan judul tulisan. Ini sebetulnya bermula dari kejadian sesungguhnya. Tadi malam saya membuka notebook untuk memeriksa email. Karena semalam hujan dan banyak laron, maka tempat saya menggunakan notebook itu lampunya dimatikan. Maka saya bekerja di tengah kegelapan, hanya ditemani dengan nyalanya layar notebook.

Ternyata mengetik dalam kegelapan itu tidak mudah. Padahal sebetulnya tidak gelap 100% karena masih ada cahaya dari layar notebook, tetapi kenyataannya memang masih sulit bagi saya. Kadang kalau mengetik saya masih membutuhkan orientasi dari jari. Entah ini perasaan saja atau sesungguhnya terjadi karena pada saat tulisan ini saya buat, saya mengetik juga tanpa melihat jari saya di atas keyboard. Saya hanya melihat di layar saja. Semestinya tanpa lampupun saya dapat mengetik ya? Mungkin kegelapan itu yang membuat saya tidak percaya diri. Entahlah.

Dalam hal lain, judul ini – kalau diubah sedikit menjadi “menulis dalam kegelapan” – dapat menjadi topik yang lebih menarik untuk dibahas. Banyak orang yang menulis asal-asalan tanpa didukung dengan fakta. Itu boleh jadi kita sebut menulis dalam kegelapan. hi hi hi.