Tag

, ,

Saya perhatikan postingan saya di blog ini. Nampaknya saya masih kurang sering menulis. Hal kedua adalah nampaknya saya kurang menampilkan foto-foto lagi. Yang ini saya lihat juga di media sosial saya (facebook dan twitter). Postingan foto saya jumlahnya menurun. Memang dalam keseharian saya dapati saya menjadi kurang memotret. Wah, saya menjadi kurang produktif begini.

Pakem yang saya anut masih tetap 10.000 jam atau 10 tahun untuk menjadi seorang yang mahir di sebuah bidang. Untuk menulis di blog memang saya sudah melewati jumlah itu. Bolehlah dibilang mahir. Tetapi tentunya saya tidak boleh terlena dan kemudian kendor dalam menulis. Ternyata memang susah untuk mempertahankan tempo dan konsisten menulis. Untuk potret-memotret, saya belum sampai 10.000 jam atau 10 tahun. Masih belajar.

Sebetulnya ada alasan saya menjadi kurang memotret. Yang pertama adalah saya tidak (sulit) menemukan obyek yang layak untuk dipotret. Ini sebetulnya adalah alasan. hi hi hi. Sebetulnya kalau mau kan bisa dibuat. Direkayasa. Males saja!

Yang kedua, yang lebih sering terjadi, sering ada obyek yang menarik tetapi saya sedang mengemudikan kendaraan. Tidak ada kesempatan untuk berhenti dan memotret momen itu. Jadinya ya lewat saja momennya. Saya pernah coba memotret sambil jalan. Hasilnya super jelek. Kabur. Memang masih pemula sih.

Yang ketiga, saya lebih suka memotret obyek yang “diam” seperti makanan, langit, dan alam secara umum. Untuk memotret makanan, karena makanan saya itu-itu saja, nanti yang melihat potretnya bosan. Kok itu lagi, itu lagi. Ya memang jenis makanan saya itu lagi itu lagi. hi hi hi. Begitulah. Lagian sekarang sudah banyak orang yang memotret makanan. Sudah mainstream. Padahal saya anti-mainstream. hi hi hi.

Semua di atas sebetulnya merupakan alasan atau pembenaran kepada diri saya sendiri. Saya harus lebih produktif. Itu saja.

Update. Sebagai bonus, saya sertakan foto makanan saja untuk menunjukkan bahwa saya tetap semangat berusaha untuk menjadi produktif.

IMG_3609 nasi ayam 1000