Kurang Produktif

Saya perhatikan postingan saya di blog ini. Nampaknya saya masih kurang sering menulis. Hal kedua adalah nampaknya saya kurang menampilkan foto-foto lagi. Yang ini saya lihat juga di media sosial saya (facebook dan twitter). Postingan foto saya jumlahnya menurun. Memang dalam keseharian saya dapati saya menjadi kurang memotret. Wah, saya menjadi kurang produktif begini.

Pakem yang saya anut masih tetap 10.000 jam atau 10 tahun untuk menjadi seorang yang mahir di sebuah bidang. Untuk menulis di blog memang saya sudah melewati jumlah itu. Bolehlah dibilang mahir. Tetapi tentunya saya tidak boleh terlena dan kemudian kendor dalam menulis. Ternyata memang susah untuk mempertahankan tempo dan konsisten menulis. Untuk potret-memotret, saya belum sampai 10.000 jam atau 10 tahun. Masih belajar.

Sebetulnya ada alasan saya menjadi kurang memotret. Yang pertama adalah saya tidak (sulit) menemukan obyek yang layak untuk dipotret. Ini sebetulnya adalah alasan. hi hi hi. Sebetulnya kalau mau kan bisa dibuat. Direkayasa. Males saja!

Yang kedua, yang lebih sering terjadi, sering ada obyek yang menarik tetapi saya sedang mengemudikan kendaraan. Tidak ada kesempatan untuk berhenti dan memotret momen itu. Jadinya ya lewat saja momennya. Saya pernah coba memotret sambil jalan. Hasilnya super jelek. Kabur. Memang masih pemula sih.

Yang ketiga, saya lebih suka memotret obyek yang “diam” seperti makanan, langit, dan alam secara umum. Untuk memotret makanan, karena makanan saya itu-itu saja, nanti yang melihat potretnya bosan. Kok itu lagi, itu lagi. Ya memang jenis makanan saya itu lagi itu lagi. hi hi hi. Begitulah. Lagian sekarang sudah banyak orang yang memotret makanan. Sudah mainstream. Padahal saya anti-mainstream. hi hi hi.

Semua di atas sebetulnya merupakan alasan atau pembenaran kepada diri saya sendiri. Saya harus lebih produktif. Itu saja.

Update. Sebagai bonus, saya sertakan foto makanan saja untuk menunjukkan bahwa saya tetap semangat berusaha untuk menjadi produktif.

IMG_3609 nasi ayam 1000

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

6 responses to “Kurang Produktif

  • mr jahe

    Makanya pak, kalau beraktifitas jangan naik mobil. Paling enak naik transporasi umum, naik sepeda atau jalan kaki. Pasti ketemu banyak yang unik buat dijepret.

    Tiba-tiba teringat blognya Paman Tyo aka Antyo Rentjoko.

  • Yoga Pratama

    lebih baik jalan kaki aja pak, saya rasa anda seorang photograper atau bisa juga wartawan yang suka mencari objek yang menarik untuk difoto, hehe

  • Budi Rahardjo

    Wah saya bukan fotografer serius yang memang menyediakan waktu khusus untuk mencari obyek foto. Saya amatir tulen. Masalahnya saya seringkali tidak dapat naik kendaraan umum karena banyaknya bawaan saya (sepatu futsal, bola, jersey, dll.) hi hi hi. Itu kalau ditambah dengan ransel, kamera, dll. maka nampaknya saya harus nyarter angkot. hi hi hi.

  • Ujang Sundana

    Salut dgn Pak Budi, walaupun sudah menulis setiap hari di blog ini tetap saja menyebutkan dirinya sbg kurang produktif.
    Benar-benar ini semacam tantangan untuk saya yg baru belajar ngeblog untuk terus giat menulis dan ngeblog.
    Oh iya, blog Bapak ini semacam inspirasi bagi saya. Sementara blog saya theme-nya sama dgn blog Bapak ini. Moga ajah semangat ngeblognya nular kpd saya.
    Salam hormat Pak Budi,

  • Eki Akhwan

    Ada lho, orang yang memotret itu-itu saja dalam jangka waktu lama, dan hasilnya menjadi buku yang menarik.🙂

  • Ripiu

    Ayam bakarnya tampak enak pak😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: