Penyadapan Internasional oleh NSA

Kali ini Der Spiegel membeberkan informasi yang mengatakan bahwa NSA melakukan penyadapan secara global dengan berbagai cara. Yang menarik bagi saya adalah tadinya saya berpikiran bahwa penyadapan dilakukan terhadap orang-orang tertentu (target) yang memang memiliki nilai untuk disadap. Orang-orang yang “tidak penting” – misal ABG yang sedang ngobrol – bukanlah obyek yang akan disadap. Ternyata salah. Penyadapan ternyata dilakukan terhadap *semua orang*. Mana yang penting nanti dilihat ketika dibutuhkan. Wedaaasss. Apalagi kalau Anda seorang Muslim yang pernah browsing ke situs-situs yang dianggap berbahaya, sudah pasti Anda termonitor.

Dalam berita yang disampaikan, dan juga dalam video yang ada pada bagian akhir dari berita ini, semua software dan hardware ternyata ditargetkan. Apapun perangkat Anda dan softwarenya, semua dapat dimonitor dan bahkan dikendalikan dari jarak jauh. Ngeri sekali. Banyak perusahaan yang kaget karena ternyata produk-produk mereka memiliki kelemahan (security hole) yang kemudian dieksploitasi tanpa pemberitahuan. Mampuslah perusahaan-perusahaan Amerika. Mereka merasa dikadali di negara mereka sendiri. Pusing tujuh keliling. Pelanggan dunia mana mau beli produk mereka lagi. (Apple baru-baru ini membuat press rilis dan mengatakan NSA adalah “malicious hackers”. he he he.)

Oh ya, apakah kita memiliki kemampuan untuk menangkalnya? Dalam skala yang besar seperti ini? Bahkan perusahaan besar sekalipun kebingungan. Apalagi kita ya? Kita santai saja? Toh tidak ada yang penting dalam kehidupan kita. hi hi hi. (Apa iya?)

Ah, tentu saja halaman blog ini juga mestinya sudah di-archive di sana ya? Hi, guys.

Iklan

20 pemikiran pada “Penyadapan Internasional oleh NSA

  1. Saya setuju utk santai saja thd berita ttg penyadapan tsb, asalkan kita tdk lakukan hal² yg ‘nyeleneh’…hehe…

    Tapi bisa juga, pemberitaan tsb sengaja dihembuskan oleh Apple atas inisiatif NSA juga, dg maksud menambah ‘keangkeran’ lembaga itu sendiri. Siapa tahu? Hihihi…

  2. Info yang menarik pak, meski sulit ditangkal tapi seengganya kita harus mewaspadai dengan cara menghapus history yang menurut kita dapat merugikan kita sendiri. Terimakasih sharingnya pak. Salam sukses

  3. Bagi temen-temen yang bekerja di Telekomunikasi, pasti tahu kalau penyadapan begini sebenernya gampang. CDR itu selalu ada dan sangat detail, bisa dibuka pakai ASN.1 decoder, bisa dilihat nomer yang mana ngapain aja, browsing apa aja dkk 😀

  4. Nah yang anehnya nih… negara HAM yang suka ngelanggar HAM.. kan peraturan buat dilanggar.. ahahaha
    tapi ngeri juga… sampe cisco juga dibikin backdoor.. produk-produk kelas berat lagi…
    klo masalah ngeliat orang browsing sih bisa… langsung aja masuk ke GGSNnya.. ga perlu decoder.. hahahaha

  5. Hmmm… ketergantungan dengan teknologi dari luar ya efeknya seperti ini. Mau buat coba buat inovasi sendiri, belajar saja masih harus ke luar negeri. Yah mau bagaimana lagi … Take it or Leave it…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s