Tag

,

Ini masih terkait dengan presentasi (thesis, desertasi) mahasiswa. Salah satu hal yang saya lihat sangat mendasar adalah kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan. Mungkin masalah ini tidak spesifik terhadap mahasiswa saja, tetapi bisa jadi umum juga.

Masalah pertama yang saya amati adalah mahasiswa tidak memahami pertanyaan yang diajukan. Yang ditanya apa, jawabnya tidak menjawab pertanyaan itu. Akibatnya mahasiswa dianggap tidak menguasai masalahnya. Padahal boleh jadi sang mahasiswa mengerti tetapi karena jawaban berbeda dari pertanyaan maka dianggap dia tidak mengerti. Jadi, pahami dahulu pertanyaannya. Boleh diulangi pertanyaannya dengan kalimat yang lain untuk memastikan bahwa itu yang ditanyakan.

Masalah kedua memang mahasiswa tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. Kalau saya, saya akan jawab apa adanya :)  bukan dengan memutar-mutar, yang akhirnya ketahuan juga bahwa tidak mengerti. Saya biasanya menggunakan sesi tanya jawab untuk mendapatkan masukan dari penanya / penguji. Justru ini sangat bermanfaat. Kita bisa mengambil pemikiran dari para penguji itu. Sebagian besar justru menganggap ini sebagai sesi untuk menghakimi dan akibatnya malah ketakutan. Salah besar.

Nah …