Tekun

Kadang sedih juga melihat banyak orang yang tidak tekun dalam mengerjakan berbagai hal; ini bisa terkait dengan urusan belajar (sekolah), bekerja, hobby, atau bermain. Seringnya begitu ada hambatan sedikit saja, dia langsung menyerah. Padahal hambatan ini dapat kita lihat sebagai ujian “naik kelas”.

Sebagai contoh ya blog ini. Saya menulis blog ini sudah tahunan. Sebelumnya saya ngeblog di gbt.blogspot.com. Yang itu saya mulai di tahun 2002. Kalau dihitung-hitung, saya sudah ngeblog lebih dari 11 tahun. Maka dari itu jangan heran kalau blog ini ada banyak pengunjungnya. Saya memperkirakan ini lebih banyak disebabkan oleh ketekunan saya menulis. Bukan kehebatan isinya.

Maka dari itu, saya sedih dan kadang kesal melihat orang yang hanya ingin blognya (atau apapun situs dagangannya) banyak dapat pengunjung dengan cepat. Harus ada ketekunan dalam berusaha. Tidak ada yang instan. Yang ada adalah tekun.

Note: By the way, entah kenapa tadinya saya mau menggunakan kata “istiqomah” sebagai judul dari tulisan ini. Saya cek di internet, artinya berbeda dengan yang ada di kepala saya. hi hi hi. Akhirnya terpilih kata “tekun”.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

11 responses to “Tekun

Tinggalkan Balasan

