Tag

, ,

Saya baru sadar bahwa beberapa hari ini gagal ngeblog. Alasan klasiknya adalah sibuk. Alasan sesungguhnya adalah … sibuk. hi hi hi. Beberapa hari terarkhir ini memang acara cukup padat. Misalnya, pulang dari Jakarta sudah lelah dan keesokan harinya harus ngajar pukul 7 pagi. Jadi malamnya menyiapkan kuliah sedikit. Lantas paginya pukul 6 sudah harus berangkat dari rumah. Nah kalau barusan, kecapekan main futsal sehingga ketiduran. Bangun-bangun, tengah malam. Langsung ngeblog ini.

Banyak orang yang gagal ngeblog karena kebingunan dengan topik yang mau dibahas. Writer’s blocked. Saya kadang mengalami hal yang sama, tetapi seringkali tidak. Kegagalan saya biasanya adalah karena mau menulis sebuah topik tetapi kurang data pendukung. Sebagai contoh, saat ini sebetulnya saya ingin menulis tentang “pinholes glasses”. Itu lho kacamata yang kacanya diganti dengan lubang-lubang. Hanya saja untuk menulis tentang ini sayang ingin menampilkan foto kacamatanya. Artinya saya harus memotret kacamata yang baru saya beli ini. Belum sempat motretnya. Mosok tengah malam gini jeprat jepret motret dulu? hi hi hi.

Ada beberapa topik lain yang ingin saya tulis, seperti misalnya saya memulai kelas dengan memutar musik. Musik apa yang saya putar? Atau tentang apa kaitannya antara kebutuhan internet cepat dengan security. Atau tentang buku yang menceritakan IDEO. Atau … Pokoknya banyak deh. Intinya, soal topik saya tidak kekurangan. Yang kekurangan adalah waktu untuk memiliki data atau cerita yang lebih rinci.

Saya biasanya ngeblog harus dalam suasana tenang, yaitu malam hari. Mungkin saya harus mencoba ngeblog di siang hari, di sela-sela kesibukan. Perlu dicoba.