Gejolak Darah Muda

Membaca di media sosial saya senyum-senyum sendiri. Pasalnya saya melihat beberapa tulisan anak muda yang menggebu-gebu. Seolah mereka mengetahui segalanya. Padahal mereka baru mengetahui satu hal saja. Belum semuanya. Yang mana boleh jadi ini akan mengubah pendapat mereka saat ini.

Di satu sisi, lucu melihatnya tetapi di sisi lain gejolak ini yang membuat perubahan di dunia. Jika mereka mengetahui yang tidak mereka ketahui saat ini / itu, mungkin mereka tidak akan melakukan perubahan. Ketidaktahuan ini merupakan berkah. Hanya saja semoga saja perubahannya itu yang positif.

Dalam perjalanannya, saya berharap mereka tetap berusaha mencari kebenaran. Tetap menimba ilmu. Dan kemudian menjadi lebih bijak. Namun saya menyadari akan ada (banyak?) yang merasa puas terhadap dirinya. Menjadi arogan. Merasa yang paling tahu. Dan inilah yang kemudian akan membuat mereka terpuruk. Akan ada generasi yang lebih muda yang akan melabrak mereka.

Di sisi saya, saya mulai belajar untuk lebih bersabar melihat keluguan anak muda. Membiarkan mereka untuk bereksperimen daripada membatasi mereka. Kadang saya ingin langsung mengatakan kepada mereka bahwa apa yang akan mereka lakukan itu akan gagal. Saya tahu karena saya pernah melaluinya dan mengetahui yang sudah berhasil. Hanya saja mungkin sekarang kondisinya berbeda sehingga boleh jadi mereka dapat lebih berhasil (meskipun saya meragukan itu). Sabar, sabar, sabar. Biarlah mereka mencoba.

Mengingat judul ini saya jadi ingat judul dari pagelarang Ludruk ITB duluuu, “Gejolak Dracula Muda”. hi hi hi. Dasar anak muda. Kreatif.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

12 responses to “Gejolak Darah Muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: