Tag

,

Hari ini saya punya banyak rencana; mulai dari membersihkan ruang kerja, membuat materi presentasi, membuat soal-soal quiz / UTS, sampai ke membaca buku. Namun pada akhirnya banyak waktu saya gunakan untuk internetan. Eh, sebetulnya saya membersihkan berkas-berkas di komputer, mengedit (minor) foto-foto dan kemudian menyimpannya di berbagai tempat di internet. Beberapa tempat tersebut adalah media social; facebook, flickr, picasa, twitter, dan seterusnya. Jadi kesannya adalah internetan tanpa tujuan. Padahal sesungguhnya internetannya adalah proses melakukan archiving berkas (foto).

Proses penyimpanan ini merupakan bagian dari belajar memotret. Ada banyak detail dari pelajaran memotret ini. Semuanya membutuhkan waktu. Akhirnya waktu hari ini  saya habiskan untuk menjadi bagian dari belajar memotret. Rencana lain menjadi tertunda. Saya akan sangat menyesal kalau saya hanya membuang-buang waktu tanpa tujuan. Mencari popularitas – seperti kebanyakan orang saat ini – bukan tujuan saya. Rugi kalau waktu dibuang hanya untuk itu. Belajar memang membutuhkan waktu. Cannot cut corners. Tidak bisa potong kompas.

Tulisan inipun sayabuat dengan terburu-buru. Takut membuang waktu secara percuma.