Teknologi Saham

Akhir-akhir ini saya berusaha banyak belajar tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam urusan jual beli saham. Ternyata menarik juga. Banyak hal baru yang saya pelajari. Hal yang membuat saya menarik adalah pemanfaatan IT ini ternyata masih boleh dibilang “baru” juga. Mungkin sekitar akhir tahun 90-an (awal 2000-an) penggunaan IT ini baru mulai terlihat signifikan.

Yang juga menarik untuk saya adalah aspek kebaharuan yang muncul, seperti misalnya ada yang namanya algorithmic trading dan high frequency trading (HFT). Komputer digunakan secara ekstensif untuk memutuskan kapan jual dan beli saham. Karena ini dilakukan oleh komputer, dia dapat dilakukan secara otomatis tanpa interferensi manusia dan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Hal-hal tersebut tidak dapat terjadi tanpa adanya teknologi informasi. Bagi yang tidak menggunakan teknologi informasi ada kemungkinan akan tertinggal.

Keuntungan yang mungkin tinggi ini dibarengi dengan risiko yang tinggi. High risk, high gain. Nah, bagaimana caranya membuat risiko sekecil mungkin. Itu adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Maklum, kacamata saya adalah aspek keamanannya (security).

17 pemikiran pada “Teknologi Saham

  1. Buat saya, high gain yang dibarengi high risk lebih menjurus ke gambling pak πŸ™‚ sekalinya menang ya kaya banget, sekali kalah ya miskin banget. belum tentu jiwa saya siap menghadapi itu semua. yang aman2 saja dalam hal bekerja dan berbisnis πŸ™‚ mendapatkan perusahaan yang dapat menjamin keamanan dalam bekerja dan kesehatan karyawannya saja sudah bagus sekarang πŸ™‚

  2. Bisnis juga high gain high risk Mas Budi Ridwin, kalo rugi bisa sampai bangkrut. saya lebih suka saham daripada bisnis krn bisa batasi resiko kerugian. Bagi saya Saham tergantung tujuannya mau jangka pendek atau panjang, semakin pendek time frame resiko semakin kecil asalkan pilih perusahaan yang tepat & timing beli yang tepat pula πŸ™‚

  3. yah, masing2 punya pemikiran dan pengalaman masing2, sejauh mas aman2 saja tidak masalah sepertinya ya mas πŸ™‚ yang penting aman dulu ajalah πŸ™‚ sama halnya dalam bekerja juga saya cari perusahaan yang sudah jelas2 aman, bisnispun begitu, yang saya sudah pernah jalani bertahun2 dulu saja saya ulangi lagi, setidaknya kalau market sudah tidak ada assetnya masih ada ( lumayan buat nerusin hobi) πŸ™‚ jaman sekarang kalo main asal comot bisa repot nanti dapur dan orang2 di rumah mas. Bukan begitu? πŸ™‚

  4. kalo dapur sama orang2 di rumah repot gimana kita mau membangun negeri? lah membangun yang di dalem aja masih repot dan belum aman? kita juga belum tentu aman juga kan? kalau posisi kita tidak aman bagaimana mau meyakinkan orang lain bisa aman bersama kita? iya kan? mudah2an iya :p

  5. Maen saham ko seperti maen-maen, jadi gambling?
    Jadi ingat, kalo dalam metode numerik ada istilah prediktor dan korektor, dalam statistik ada istilah prior dan posterior kalman filter

  6. Semakin menarik kalau ahli matematika atau biomekuler banyak direkrut πŸ™‚ Semakin membuat tanda tanya yang semakin besar untuk ke depannya berarti bagi yang suka mandi penasaran tentunya πŸ™‚

  7. iya sih bener, tapi masih agak ragu saya pak πŸ™‚ saya kalo ragu lebih baik tidak dulu deh ( kalo saya lho πŸ™‚ ),… mungkin saya akan pelajari detilnya dulu sampai yakin pak πŸ™‚ baru berani terjun πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

