Memilih Prioritas Kegiatan

Saya super sibuk dan banyak orang yang tidak percaya dengan itu. Percayalah. hi hi hi. Yang menjadi masalah bagi saya adalah memilih kegiatan / aktifitas mana yang harus saya kerjakan. Sebagai contoh, dalam satu hari ada beberapa kegiatan yang saling berebut; mengajar (kuliah) di ITB, bimbingan mahasiswa, permintaan presentasi di Jakarta, permintaan presentasi oleh mahasiswa oleh sebuah kampus di Jawa Timur, shooting video untuk kelas online, latihan band, dan pertemuan dengan calon klien perusahaan. Dalam seminggu, mungkin ada tiga hari seperti itu. hi hi hi.

Algoritma saya adalah membuat prioritas, tetapi inipun masih belum ada rumus bakunya. Yang pertama saya lakukan adalah menghapus yang tidak kritis dan tidak penting amat. Misalnya kalau ada permintaan muncul di TV, maka itu yang saya coret dulu. hi hi hi. Kemudian kalau ada yang dapat ditunda ke hari lain, minggu lain, bulan depan, maka itu diturunkan prioritasnya. Misalnya untuk sekedar diskusi dengan klien dapat saya tunda. Baru kemudian yang harus dilakukan pada saat itu juga ditambah prioritasnya. Misalnya kelas (yang sudah beberapa kali ditinggalkan) harus diadakan karena sulit bagi mahasiswa untuk sering-sering membuat skedul. Ini yang seringkali membuat prioritas mengajar menjadi paling atas. Kelas pun kadang (tidak sering) saya tunda karena ada seminar yang memang harus dilaksanakannya hari itu juga atau sidang mahasiswa yang memang harinya sudah tidak dapat diganti lagi.

Begitulah … p u y e n g

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

7 responses to “Memilih Prioritas Kegiatan

  • apiqcipete

    Selamat Pak BR, artinya Bapak sangat berguna bagi masyarakat.

    Kini waktunya berpikir balik, waktunya masyarakat memberi keleluasaan dan kebebasan kepada Pak BR. Tetapi masyarakat tidak akan serta-merta memberi kebebasan kepada Bapak. Maka Pak BR yang mewakilinya.

    Jadi, saya mewakili masyarakat, merekomendasikan Pak BR menyusun prioritas.

    1. Kesehatan adalah yang utama. Jadwal olah raga rutin tidak bisa diganggu gugat. Seminggu 2 kali atau 3 kali futsal?

    2. Hobi main band adalah berikutnya. Latihan 1 kali seminggu?

    3. Waktu bersama dengan keluarga?

    4. Sisanya adalah kehidupan profesional mengabdi pada masyarakat luas.

    5. Semoga P BR tetap sibuk namun tetap sehat, bahagia, dan masyarakat dapat menerima banyak manfaat dari Pak BR.

    Salam hangat…

  • Emanuel Setio Dewo

    Percaya kok, Pak, pasti sangat sibuk sekali. Semoga sehat selalu supaya dapat terus berkarya.

  • islambagus

    bagaimanapun prioritas harus diutamakan pak. hehe

  • hashbang

    pak BR mungkin bisa coba alat bantu di android, ‘trello – organize anything’, saya jg baru nyoba, hehe.

  • masbrowww

    disyukuri saja pak,dari pada pengangguran lebih puyeng😀

  • semarismaya

    Mantap, Pak. Manusia memang dilahirkan dalam keadaan yang sibuk, yang mengganggur pun sibuk, Pak. Sibuk mengganggur😀
    Yang penting jaga kesehatan dan jangan lupa olahraga, Pak.

  • @tukangcolong

    kalau saya jadi bapak saya akan mengutamakan hal yang tidak bapak utamakan sekarang seperti TV dan klien😀

Tinggalkan Balasan

