Masalah Milis dan Alamat Email Yahoo

Baru-baru ini Yahoo! menerapkan kebijakan tentang penggunaan email yahoo.com. Singkatnya begini. Email yang menggunakan alamat “@yahoo.com” tetapi tidak dikirimkan dengan fasilitas web-nya yahoo (misal menggunakan program email sendiri) akan dianggap tidak jelas asalnya sehingga akan diblokir oleh sistem email yang menerapkan kebijakan DMARC (“Domain-based Message Authentication, Reporting & Conformance”). Yahoo juga termasuk yang menerapkan kebijakan itu. DMARC ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi spam dan email palsu.

Akibat dari kebijakan ini beberapa milis akan bermasalah. Pelanggan yang menggunakan email yahoo.com tidak dapat mengirimkan email ke milis dan juga tidak dapat membaca email-email yang pengirimnya dari yahoo.com juga. Kira-kira alurnya seperti ini.

  1. Seorang pengguna dengan email yahoo.com mengirim email ke milis.
  2. Milis manager me-rewrite header dari email dan mengirimkannya dari domain sang milis. Akibat dari ini email yang berasal dari yahoo.com itu dianggap tidak lagi keluar dari web-smtp yahoo tapi dari domain si milis
  3. Email tersebut akhirnya difilter oleh sistem yang menerapkan DMARC (termasuk yahoo.com juga)

Solusi? Cara yang banyak dilakukan orang adalah memperbaiki / mengubah / update mailing list manager agar tidak melakukan rewrite header email untuk pengguna dari yahoo.com (atau domain lain yang menerapkan DMARC ini juga).

Nah, saya sekarang sedang pusing karena milis manager saya buatan saya sendiri. Belum tahu bagian mana yang harus saya ubah. hi hi hi.

 

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

4 responses to “Masalah Milis dan Alamat Email Yahoo

  • Moses Yorga Arthesi

    Apakah ini berarti user yahoo yang menggunakan program email client tetap diblokir juga walapun menggunakan setting SMTP dan POP3 / IMAP yahoo?
    Bisa2 user yang menggunakan perangkat mobile macam smartphone bakal kena blokir nih.

  • WiiTii

    Nope. Tidak ada efek buat smartphone atau desktop users yg memakai Yahoo SMTP atau IMAP servers.

  • hashbang

    sudah dari dulu banget, kalau pake email yahoo banyak member yang mengirim spam ga jelas otomatis ke milis. tapi gmail jarang. Kalau pake yahoo berarti kemungkinan milisnya sudah lama ya pak, seblm gmail booming?😀

  • Yunus

    Pak Budi, mohon maaf OOT (krn sy tidak tahu email bapak). Mohon menuliskan mengenai perilaku pengendara mobil di kampus ITB. Menurut pengamatan saya belakangan ini sudah mulai keterlaluan dalam memacu mobilnya sehingga membahayakan pejalan kaki. Apakah pengemudinya dosen atau pegawai atau sopir dosen/pegawai, nampaknya tidak mengindahkan aturan kecepatan 20 km/jam. Mudah-mudahan menjadi perhatian ITB sebelum ada korban jatuh. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: