Tag

, , ,

Baru-baru ini Yahoo! menerapkan kebijakan tentang penggunaan email yahoo.com. Singkatnya begini. Email yang menggunakan alamat “@yahoo.com” tetapi tidak dikirimkan dengan fasilitas web-nya yahoo (misal menggunakan program email sendiri) akan dianggap tidak jelas asalnya sehingga akan diblokir oleh sistem email yang menerapkan kebijakan DMARC (“Domain-based Message Authentication, Reporting & Conformance”). Yahoo juga termasuk yang menerapkan kebijakan itu. DMARC ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi spam dan email palsu.

Akibat dari kebijakan ini beberapa milis akan bermasalah. Pelanggan yang menggunakan email yahoo.com tidak dapat mengirimkan email ke milis dan juga tidak dapat membaca email-email yang pengirimnya dari yahoo.com juga. Kira-kira alurnya seperti ini.

  1. Seorang pengguna dengan email yahoo.com mengirim email ke milis.
  2. Milis manager me-rewrite header dari email dan mengirimkannya dari domain sang milis. Akibat dari ini email yang berasal dari yahoo.com itu dianggap tidak lagi keluar dari web-smtp yahoo tapi dari domain si milis
  3. Email tersebut akhirnya difilter oleh sistem yang menerapkan DMARC (termasuk yahoo.com juga)

Solusi? Cara yang banyak dilakukan orang adalah memperbaiki / mengubah / update mailing list manager agar tidak melakukan rewrite header email untuk pengguna dari yahoo.com (atau domain lain yang menerapkan DMARC ini juga).

Nah, saya sekarang sedang pusing karena milis manager saya buatan saya sendiri. Belum tahu bagian mana yang harus saya ubah. hi hi hi.