Cyber Defence Competition 2014

Hari Kamis dan Jum’at kemarin saya berpartisipasi menjadi salah satu juri dalam acara Cyber Defence Competition (CDC) 2014 yang diadakan oleh Kemhan. Acara ini diadakan di Akademi Angkatan Laut (AAL), Surabaya dan diorganisir oleh FTII serta didukung oleh organisasi IT di Indonesia lainnya, seperti APJII, PANDI, Nawala, Inixindo, ITS, dan lain-lain. Tim teknis dikelola oleh tim ID-SIRTII. Saya sendiri membawa bendera INDOCISC dan ITB.

Acara dibuka oleh Menhan dan KSAL. Mereka membawa petinggi dari TNI dan semuanya terlihat bersemangat. Saya pun gembiran karena mulai terbuka kesadaran akan pentingnya keamanan dunia cyber ini. Saya menjadi bersemangat. Peserta pun terlihat sangat bersemangat. Ada dua kategori, umum dan pelajar.

Kompetisi terdiri dari beberapa kegiatan, seperti forensic, hardening server, capture the flag. Semuanya dikerjakan dalam waktu yang sangat mepet. Ini merupakan tantangan berat pagi peserta. Hasilnya? Menurut saya cukup memuaskan. Tingkat kemampuan peserta sudah sangat baik. Lebih lagi saya melihat ada satu tim yang dokumentasinya sangat kami sukai, bagus sekali! (Good job for team Anthurium!)

Ada beberapa catatan saya.

  1. Sebagian besar peserta menggunakan Microsoft Windows sebagai sistem operasinya. Hanya beberapa yang menggunakan Linux secara native. (Menggunakan Kali Linux?) Ada banyak yang menggunakan Linux di dalam VirtualBox.
  2. Salah satu soal yang disampaikan adalah men-decode data base64 yang kemudian menjadi skrip Python, yang tinggal dijalankan. Lucunya ada banyak yang gak tahu Python. ha ha ha. Mereka kebingungan menjalankannya. Padahal tinggal “python namaskrip.py”. Mereka tidak perlu tahu bahasanya. hi hi hi. Ada yang pura-pura tahu dan me-rename menjadi bahasa C, menambahkan “#include <stdio.h>” dibagian awalnya, kemudian mencoba compile. Ya gak bakalan jalanlah. he he he.
  3. Dalam hal mempertahankan diri (defence, hardening), kebanyakan memilih menyerang (offence) server lawan. Jadi server sendiri masih bolong-bolong tetapi saat yang sama menyerang server orang. Nampaknya kemampuan memperbaiki harus diperbaiki. (Rekursif. hi hi hi.)

Saya yakin panitia bekerja luar biasa kerasnya. Capeknya pasti luar biasa. Demikian pula dengan para peserta. Juripun demikian. Hari pertama, kami harus membahas nilai-nilai hari pertama sampai lewat pukul 12 tengah malam. Kayaknya selesainya mendekati jam 1 pagi. Saya sendiri pas jam 12 malam sudah tidak kuat dan kembali ke kamar. Maklum, paginya saya bangun jam 3 pagi untuk langsung terbang ke Surabaya. Up time sudah 21 jam. Harus tidur. hi hi hi. Hari kedua pun kami harus bekerja keras untuk menilai dalam waktu yang singkat karena nilai harus keluar segera! Salut untuk semuanya!

Pemenang utama kali ini adalah juara bertahan CDC tahun lalu, tim Alpha Omega. Congrats!

IMG_4833 pemenang cdc2014 1000

[Foto para pemenang CDC 2014]

Yang menarik dari acara ini adalah setelah selesai acara, kami diajak menaiki kapal perang! Saya senang luar biasa dengan kunjungan ke kapal perang kita dan bahkan diajak keliling sambil demo kemampuannya! Luar biasa! Keren! Mari kita dukung TNI AL kita!

IMG_4850 pangkalan 1000

Jalesveva Jayamahe

IMG_4884 red team 1000

[Red team ID-SIRTII di atas kapal perang Sultan Iskandar Muda]

Sampai bertemu kembali di CDC 2015.

 

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

13 responses to “Cyber Defence Competition 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: