Kredibilitas Sumber Berita Online

Kualitas dari sebuah karya ilmiah (makalah, artikel, atau tulisan secara umum) bergantung kepada referensi yang digunakan. Salah satu cara yang lazim digunakan oleh reviewer adalah melihat daftar referensinya. Jika referensinya dari sumber-sumber yang terpercaya dan pakar di bidangnya, maka karya ilmiah tersebut memiliki potensi untuk mendapat nilai baik. Jika sumbernya tidak terpercaya, lemah, meragukan, atau tidak dapat ditelusuri kebenarannya maka karya ilmiah tersebut diragukan untuk mendapat penilaian yang baik.

Salah satu masalah yang dihadapi saat ini adalah kredibilitas dari sumber online. Banyak jurnal dan bahkan institusi pendidikan yang tidak memperkenankan mahasiswa menggunakan Wikipedia sebagai sumber rujukan. Bahkan dapat digeneralisir, penggunaan sumber online tidak disarankan. (Frowned upon.) Salah satu alasan yang digunakan adalah ketidakjelasan orang (sumber) yang mengisi data di Wikipedia. Hal berikutnya adalah sumber di Wikipedia sering berubah. Akan menjadi masalah jika pada saat ini fakta yang ditulis adalah A dan kemudian pada saat yang lain faktanya adalag B (non-A). Mana yang benar? Yang terakhir? Atau yang mana?

Terlebih lagi sekarang marak bermunculan situs-situs “berita” yang sebetulnya adalah situs yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ada yang bentuknya memang sungguhan main-main (parodi), tetapi tidak sedikit yang sebetulnya palsu dan seolah-olah sungguhan. Yang terakhir ini yang berbahaya karena informasinya dapat menyesatkan. Sayangnya justru sekarang banyak orang yang tidak mau sedikit meluangkan waktu untuk memeriksa kredibilitas sumber informasinya. Entah tidak mau atau mungkin tidak memiliki kemampuan (skill, kesabaran) untuk melakukan itu. Dia tidak sadar bahwa orang dapat menilai kualitasnya berdasarkan sumber informasinya itu. You are what you read. Akan sangat menyedihkan jika semakin banyak orang yang terjerumus kepada kebodohan ini. Saran saya, cobalah luangkan sedikit waktu untuk memeriksa kredibilitas dari sumber informasi yang Anda gunakan.

Semakin banyak masalah dengan sumber berita online, semakin menjadi pembenaran bahwa sumber online memang tidak memiliki kredibilitas untuk digunakan sebagai referensi dalam karya ilmiah. Nampaknya Wikipedia bakalan tetap sulit untuk diperkenankan sebagai sumber referensi karya ilmiah. Wah. Padahal isinya sangat membantu bagi mahasiswa yang mencari sumber rujukan. Mosok kita masih dibatasi dengan  penggunaan jurunal dan buku konvensional sebagai rujukan?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

19 responses to “Kredibilitas Sumber Berita Online

  • djadjat

    Demikian juga untuk menggunakan dalil Islam, harus dari sumber kredibel, yaitu Al Quran karangan Allah swt dan Al Hadis karangan Muhammad saw. Sedangkan sumber lainnya adalah palsu, yang banyak beredar, malahan lebih banyak yang palsunya, sehingga banyak yang menyesatkan.

  • obat herbal limfoma

    menarik banget artikelnya mantap deh infonya

  • apiqquantum

    Hmmm… trade off jadinya?

  • yuti

    Saya biasanya menggunakan wikipedia sebagai awal untuk memahami sesuatu yang baru, kemudian untuk menjadikannya ilmiah saya telusuri referensi ilmiahnya. Ilmiah buat saya bukan benar tapi metode. Metode teman-teman di literatur misalnya, berbeda dengan teman-teman di sejarah

  • Aldi Rahman

    mencari sumber berita memang penting, tapi biasanya sedikit malas untuk mencarinya

  • Puisi Erasa

    kredibilitas memang dibutuhkan

  • Firman Hidayat

    Kalau di media sosial, karena tidak terlatih menyampaikan opini, terpaksalah hanya men-share berita2 online yang sekiranya mewakili pendapat dalam benaknya itu.
    Cuman sayang, skill pemilihan referensinya juga minim, jadinya berseliweranlah berita2 yang tak pakai prinsip jurnalistik yang di-shared di media sosial.

  • mutia

    So sad… padahal saya tengah semangat-semangatnya menulis sejarah😦

  • Heru Piss

    Benar juga, memang banyak berita atau artikel yang tidak ada sumber yang jelas. sehingga tidak bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat makalah atau tugas mahasiswa lainnya.

  • Aldo Rahmat

    Betul tuh, banyak berita – berita bohong dengan sumber yang tidak jelas

    Mantap gan artikelnya, inspiratif

  • Omah Tips

    Benar mas. Kemarin waktu saya masih kuliah, wikipedia memang tidak boleh dijadikan rujukan yang valid. Karena apa? Ya seperti yang mas Budi katakan. Sumbernya ndak jelas dan kadang isinya berubah-ubah. Banyak orang bisa mensunting isinya. Mungkin harusnya ada badan organisasi tersendiri yang memang sudah diakui, dan memiliki kredibilitas juga, yang tugasnya sebagai organisasi yang memeriksa kredibilitas dari masing-masing artikel yang ada di internet. Namun hal itu tentu sangat rumit juga mengingat carut mawut negara ini… Ya minimal mungkin dari diri kita sendiri sebagai blogger untuk belajar memberikan informasi yang valid sehingga secara tidak langsung kita memperbaiki kredibilitas dari informasi yang tersebar di dunia internet. Terimakasih.

    Eranya digital, tapi referensinya masih pake buku cetak… Hehehe.

  • daun teratai

    menarik banget artikelnya makaasih

  • Gomumu

    Berita sebagai media sosial berpengaruh terhadap bangsa harus memiliki kredibilitas yang baik. Kalau begini, apalagi berkepentingan berbahaya bangsa inni.

  • M. Iman Santoso

    Tepat sekali sekarang semakin sulit mencari sumber referensi, karena portal beritalpun banyak yang dituggangi kepentingan…

  • iinparlina

    Reblogged this on Sebuah Perjalanan and commented:
    ini yang saya maksud dari tulisan sebelumnya

  • felisyah

    yuk teman teman mari gabung di poker online http://www.royalflush99.com bermain dengan uang asli via bank bca, bni dan mandiri

  • hananan

    sebenarnya, klo yang membaca wikipedia itu pintar, mereka kan bisa mengambil referensi yang tertera pada situs wikipedia itu.. tinggal melihat apa itu tercercaya atau tidak.. karena sepengetahuan saya wikipedia itu website materi “ringkasan” ringkasan dari referensi.. jadi kurang bisa dijadikan bahan untuk sebuah makalah ilmiah..

    dikampus saya dulu juga begitu dilarang ngambil.. malah lebih sering ngambil dari journal international atau conferensi international..

  • Toko Buddhis Online

    bahkan banyak orang terprovokasi karena hanya membaca judul berita saja, yang sengaja dibuat untuk memprovokasi kadang malah antara judul dengan isi berita ga nyambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: